25.12.18

KeMANGTEER Jakarta Hadiri Seminar Nasional Mangrove di Institut Pertanian Bogor

Suasana Semnas Nasional IPB.

Bogor - KeMANGTEER. Sebagai awal pembekalan materi kepada para Kesatria Mangrover yang baru saja bergabung bersama KeMANGTEER Jakarta, KeMANGTEER Jakarta berkesempatan mengikuti Seminar Nasional (Semnas) bertema "Community Based Mangrove Forest Management for Sustainable Natural Potential” yang diselenggarakan oleh Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (30/9/18).

Semnas berlangsung sangat interaktif antara pemateri dan peserta. Banyak sekali pengetahuan dan informasi yang Srikandi dan Kesatria Mangrover dapatkan pada acara ini.

Pak Ikhsan, selaku Direktur Eksekutif Wahana Mangrove Indonesia (WAHAMI) juga turut hadir sebagai pembicara yang mengangkat topik Peran Komunitas dalam Pelestarian Ekosistem Mangrove.

Belajar identifikasi mangrove.

Senang sekali, pada kesempatan ini, Ketuteer Nathasi berkesempatan menjadi salah satu peserta yang memberikan pertanyaan kepada Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana, MS, selaku Dosen Ahli Mangrove dan Dr. Dana Budiman selaku General Manager GeoPark Ciletuh-Pelabuhan Ratu.

Selanjutnya, Teer Dita pada sesi seminar yang kedua, juga mengajukan pertanyaan kepada Dr. Muhammad Firman, selaku Direktur Konservasi Tanah dan Air, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Ir. Dian Novarina, M.Sc, selaku Deputi Direktur APRIL.

Pada sesi Ice Breaking, Ketuteer Nathasi dan Kesatria Eko berhasil mendapatkan door prize dan souvenir.

"Setelah mengikuti Semnas, Kesatria dan Srikandi menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor, dengan tujuan untuk mencari keberadaan mangrove di sana, sambil belajar identifikasi mangrove dengan Buku Panduan dari Kitamura," terang Teer Dita. "Di sini, jenis mangrove yang kami temui adalah Sonneratia sp, yang berada di kawasan akuatik, berlokasi di sekitar danau," pungkasnya. (ADM/DH).