7.6.16

KeMANGTEER Semarang dan STT Harvest Tanam 500 Mangrove di Mangunharjo

Ketuteer Semarang saat memberikan sambutannya.

Mangunharjo - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 28 Mei 2016, mulai dari pagi hingga tengah hari, KeMANGTEER Semarang dan Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest Semarang (STT Harvest) sukses menanam 500 bibit mangrove di Mangunharjo, Semarang.

Bersama dengan masyarakat sekitar, mereka menghijaukan kawasan pesisir di Semarang. Kegiatan ini diawali dengan melakukan survei lokasi penanaman yang dilakukan secara bersama, sehari sebelumnya.

"Survei lokasi penanaman sudah kami lakukan sehari sebelumnya untuk menentukan lokasi penanaman, dan pagi ini kami bersama dengan rombongan STT Harvest menanam Rhizophora yang dibantu juga oleh Pak Ali dan kelompok mangrovenya," terang Teer Dika, selaku Ketuteer Semarang.

Aksi tanam mangrove pagi itu sebagai bentuk kepedulian dari para mahasiswa STT Harvest akan kelestarian mangrove dan kawasan pesisir di Semarang pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Para peserta sedang menanam mangrove di Mangunharjo.

Acara diawali dengan berkumpul di Mangkang Kulon dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, Teer Dika menekankan agar sebagai generasi muda Indonesia, sudah selayaknya wajib menjaga alam dan lingkungannya.

"Pagi ini, kita akan menghijaukan pesisir di Mangunharjo sini dan semoga saja bibit-bibit mangrove kita, nantinya dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat menjaga pesisir sini dari abrasi dan bencana ekologi lainnya," jelasnya.

Setelah pembukaan dan sambuta-sambutan, acara dilanjutkan dengan briefing teknik penanaman mangrove dan langsung terjung ke lumpur untuk menanam mangrove.

"Jadi Mangrover tuh, harus berani basah-basahan dan kotor, ya. Yuk, ditanem bibitnya. Jangan lupa ya, diikatkan ke ajir. Eits, ajirnya juga harus kuat nancapnya, biar gak jatuh," ujar Teer Semarang lainnya yang turut mendampingi peserta penanaman mangrove di pagi itu.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan istirahat, bersih diri, makan siang dan foto bersama. (MFR).