7.6.16

Mangrove Camp 2016, KeMANGTEER Jakarta Tanam Mangrove di Kepulauan Seribu

Teer Jakarta rutin tanam mangrove di Kep. Seribu.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 21 - 22 Mei 2016, KeMANGTEER Jakarta sukses ngadain Mangrove Camp 2016 yang diadakan di ujung Pulau Seribu. Kegiatan mangroving ini jadi agenda tahunan dari Teer Jakarta yang bertujuan untuk turut melestarikan kawasan mangrove di pesisir Jakarta.

"Dari Pulau Harapan, kita masih menempuh perjalanan satu jam, terombang ambing di lautan. Seru abis," ujar salah satu Teer Jakarta.

Dalam mangroving kali ini, mereka tak hanya menanam mangrove saja, tetapi juga snorkling di tiga tempat yang berbeda. sambil menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Seribu.

Mangrove, memang tak dapat terlepas dari ekosistem lain di sekitarnya. Dengan mengetahui kondisi di sekitar mangrove, maka akan dapat diketahui pula mengenai peranan mangrove yang menjaga keseimbangan terhadap lamun, karang, rumput laut dan lain-lain.

Sesampai di lokasi, Teer Jakarta sibuk mendirikan tenda dan bersiap untuk diskusi mangrove. Mereka saling bertukar informasi mengenai mangrove di pesisir pantai Kepulauan Seribu sambil menikmati suasana malam.

Foto bersama para peserta Mangrove Camp.

"Malam ini, kami memberikan edukasi mangrove kepada peserta Mangrove Camp 2016 yang terdiri dari para anggota KeMANGTEER Jakarta. Penyampaian materi disampaikan oleh Teer Nata," jelas Teer Dyra selaku Alumni KeMANGTEER Jakarta yang turut hadir di acara ini.

Keesokan harinya, Teer Jakarta melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai. Rhizophora adalah jenis mangrove yang dipilih mengingat substrat di lokasi adalah lumpur berpasir.

Kegiatan selama dua hari ini berjalan dengan baik dam lancar. Harapannya, ke depan bibit mangrove yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik.

KeMANGTEER Jakarta juga terus melakukan pemantauan terhadap bibit mangrove yang telah ditanam untuk menjaga kelulushidupannya.

Menanam mangrove di Kepulauan Seribu adalah cara kami mencintai Indonesia. Bagaimana dengan kamu? (TG).