26.12.18

KeMANGTEER Jakarta Ikuti Mangrove REpLaNT 2018: Seminar dan Pelatihan Mangrove Nasional di Semarang

Serunya menanam mangrove di MR 2018.

Semarang - KeMANGTEER. Mangrove REpLaNT (MR) 2018 kembali dilaksanakan pada tahun 2018 dengan tema: “Coastal Crisis: Mangrove vs Marine Debris.” KeSEMaT selaku penyelenggara, sukses melaksanakan kegiatan ini selama tiga hari, mulai tanggal 9 sampai dengan 11 November 2018 di Semarang.

Acara yang diikuti oleh para peserta terpilih dari seluruh Indonesia ini, dilatarbelakangi kondisi hutan mangrove di Indonesia, khususnya daerah Pantai Utara Jawa yang sudah masuk kedalam tingkat yang mengkhawatirkan.

Hal ini, diakibatkan dari maraknya penebangan mangrove untuk pertambakan maupun hal lainnya, ditambah juga meningkatnya volume sampah laut yang mengganggu ekosistem mangrove pada komunitas tumbuhan pesisir.

Membatik mangrove di MR 2018.

Rangkaian acara MR 2018 ini terdiri dari Pelatihan Rehabilitasi Mangrove, Pengelolaan Sampah Plastik, Pembuatan Batik Mangrove, Talk Show, Focus Group Discussion (FGD), Seminar Nasional yang melibatkan pemateri handal dan berkompeten di bidangnya, serta kegiatan puncak, yaitu Penanaman Bibit Mangrove.

Perwakilan KeMANGTEER Jakarta yang mengikuti MR 2018 adalah dua Kesatria, yaitu Teer Halim dan Teer Syafiq.

Penanaman Bibit Mangrove dan Coastal Clean Up dilakukan di Semarang Mangrove Center (SMC), Mangunharjo, Jawa Tengah.

Berfoto bersama selepas Seminar Nasional.

"Aksi Penanaman 1500 Bibit Mangrove juga melibatkan seluruh peserta dan panitia MR 2018, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan setempat, serta dibantu oleh Karang Taruna Kelurahan Mangunharjo," terang Teer Halim. "Sementara itu, jenis bibit mangrove yang ditanam, yaitu Rhizophora mucronata," tambahnya.

Selepas mengikuti penanaman, para panitia mengajak peserta untuk melakukan Field Trip Wisata Sejarah ke Lawang Sewu dan membeli oleh-oleh khas Semarang di kawasan Simpang Lima. Seru sekali!

Terima kasih KeSEMaT atas kegiatan yang menginspirasi generasi millenial. Mari bergerak nyata bersama untuk Mangrove Indonesia! (ADM/NF).