KeMANGTEER Medan Tanam Mangrove di Pesisir Percut

Mangrove adalah titipan anak cucu kita.

Medan - KeMANGTEER. Salamteer! Hai, Teer. Pada tanggal 19 April 2015, kami, para KeMANGTEER Medan mangroving menghadiri acara Hari Bumi dari RBB (Rumah Baca Bakau) di Percut, Kota Medan. Acara ini dihadiri juga beberapa komunitas pecinta alam lainnya, diantaranya MAC, Pilar, Ikahut dan Akar.

Acara dimulai dengan panitia yang mengarahkan peserta ke dermaga. Di dermaga ini, para panitia sudah menyiapkan empat buah perahu berukuran sedang untuk para peserta.

Perjalanan ke lokasi memakan waktu sekitar 20 menit. Di sepanjang perjalanan, hamparan hutan mangrove menyapa kami, tetapi sayang masyarakat belum sadar betapa pentingnya hutan mangrove untuk kehidupan mereka

Di bantaran tepi sungai, terlihat sampah-sampah menumpuk dan tersangkut di akar-akar mangrove sehingga membuat hutan mangrove tidak sedap dipandang mata. Kami miris melihat kondisi tersebut.

Tak terasa, kamipun tiba di spot penanaman yang disediakan. Hamparan luas lumpur terbentang di depan kami. Dikarenakan di saat itu air sedang surut, para peserta kemudian diarahkan ke suatu tempat oleh panitia. Disitulah, panitia menyiapkan bibit mangrove untuk ditanam.

Panitia juga tak lupa menjelaskan tentang jenis-jenis mangrove yang akan ditanam, yaitu Rhizhophora apiculata dan Bruguiera hainesii (Mata Buaya).

Setelah selesai penanaman, tidak lupa semua peserta dan panitia mengabadikan moment dengan berfoto bersama.

Sebelum meninggalkan spot penanaman, para peserta dan panitia bergotong royong membersihkan lokasi tersebut dari sampah.

Acara diakhiri dengan penandatanganan petisi di kain putih sebagai bentuk penolakan pengalihan fungsi hutan mangrove. (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV