14.6.14

Diikuti Peserta dari Tujuh Negara, KeMANGTEER Serang Tanam Mangrove di Pulau Dua

Peserta penanaman mangrove.

Serang - KeMANGTEER. KeMANGTEER Serang kembali mangroving, mengadakan penanaman mangrove pada hari Jum’at, 13 Juni 2014. Kali ini, di Kawasan Konservasi Pulau Dua yang terletak di daerah Kasemen, Serang-Banten. Kegiatan yang dinamakan “Penanaman 1001 Baby’s Mangrove” ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu.

Pada penanaman kali ini, KeMANGTEER Serang mendapat dukungan dari banyak pihak, diantaranya adalah dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Banten, Radar Banten, dan masih banyak pihak lainnya.

KeMANGTEER Serang juga bekerjasama dengan Gapoktan Kasemen dan AIESEC Serang yang merupakan salah satu organisasi kepemudaan terbesar di dunia dan tersebar di ±125 negara.

Pada hari Jum’at kemarin, kegiatan penanaman 1001 Baby’s Mangrove ini dikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk 6 volunteer yang berasal dari 6 negara berbeda, yaitu Mexico, Prancis, Jerman, Thailand, Pakistan, dan Vietnam.

Acara dimulai dengan kumpul dan registrasi ulang pada pukul 07.30 - 08.30 WIB di Gedung Rektorat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kemudian, perjalanan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan tiba di daerah Kasemen pada pukul 09.45 WIB.

Setelah tiba, para panitia dan peserta melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Kawasan Konservasi Pulau Dua. Para peserta terlihat sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Setibanya di lokasi, peserta dipersilakan untuk rehat sejenak dan berganti pakaian, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman mangrove.

Penanaman mangrove selesai pada pukul 12.00 WIB. Kemudian, para peserta dan panitia dipersilakan untuk membersihkan diri dan dilanjutkan dengan makan siang serta diskusi ringan mengenai mangrove.

Diskusi ini diisi oleh pihak pengelola Pulau Dua dan Gabungan Kelompok Tani daerah Kasemen yang sedikit bercerita tentang mangrove dan ekosistemnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penutupan acara dan perjalanan pulang menuju Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pada pukul 16.00 WIB.

"Alhamdulillah, acara penanaman kemarin berjalan lancar dan seru! Bisa dilihat dari ekspresi dan semangat para peserta selama mengikuti kegiatan. Terlihat capek, tapi nampaknya mereka bersenang-senang. Semoga kegiatan KeMANGTEER kedepannya makin sukses dan lebih banyak lagi yang berpartisipasi,” ujar Ketua Pelaksana, Teer Aulia Rahim. Selamat buat KeMANGTEER Serang. Semangteer! (ADM).