Keren, KeMANGTEER Malang dan MONTOC Tanam 1000 Mangrove di Clungup!

Ngalamteer semangat selamatkan mangrove.

Malang - KeMANGTEER. Salamteer! Salam MANGROVER! Pada hari Sabtu lalu, 7 Juni 2014, KeMANGTEER Malang mangroving lagi nih, di Clungup dalam acara "MONTOC-nya Tanam 1000 Mangrove." Acara ini merupakan serangkaian kegiatannya teman-teman dari MONTOC (Mangrove Tour Of Clungup), dan kegiatan ini merupakan acara yang Part 2-nya.

Dan lagi-lagi, KeMANGTEER Malang dipercaya untuk bekerjasama dengan MONTOC. Penanaman kali ini bertemakan, Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Lingkungan dan Laut Melalui Mangrove di World Environment Day dan World Ocean Day.

NgalamTeers,  seperti Teer Arin, Teer Erna, Teer Vivin dan Teer Ma’rufah ikut bermangroving ria menemani para participant dari berbagai kalangan umum. Ada juga loh, salah dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang, yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.

Acara dimulai dari UB kemudian berangkat bersama menuju Marine Station UB. Di Mess, kita sedikit berdiskusi tentang “kemangrovan” mulai dari jenis-jenis mangrove, fungsinya, dan lain-lain.

Setelah berdiskusi bareng, kegiatan dilanjutkan untuk memulai tracking menuju ke lokasi penanaman mangrove. Di Clungup, KeMANGTEER Malang menjelaskan bagaimana cara penanaman dan pemberian tagging mangrove, agar tidak merusak pohon mangrove tersebut.

Semangat para tim @montoctour dan peserta lain juga sangat terlihat, lho, walaupun dengan berbecek-becek sekalipun, mereka sangat antusias ikut berpartisipasi dalam aksi #SaveMangrove.

Acara kemudian dilanjutkan dengan meng-eksplore beberapa pantai di daerah Pantai Clungup dan sekitarnya. Setelah Clungup, kami tracking menuju ke Pantai Gatra, lalu menuju ke Pantai Savana, lalu ke Pantai Mini, kemudian ke Pantai Weden Rusak dan berakhir di Pantai Tiga Warna.

Tak berakhir disitu, setelah ber-snorkling di Pantai yang memiliki ke-eksotikan tersendiri dari degradasi warna lautnya, kegiatan dilanjutkan dengan keliling di sekitar Pulau Sempu dengan menggunakan kapal. Seru, deh!

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dan panitia dapat mencintai lingkungan dengan meng-ekspose pesona bahari yang dimiliki pantai-pantai di Malang selatan, seperti mangrovenya dan terumbu karangnya.

Terimakasih untuk semua pihak yang ikut berpartisipasi, dan kepada UB TV yang meliput kegiatan ini.

Iki carae awak dhewe nggo #SAVEMANGROVE, umak?

Salam Bahari, Salam MANGROVER! Semangteer! Go Green, Go Blue! (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta