3.1.19

KeMANGTEER Jakarta Pemateri 3rd ADRA Indonesia Volunteer, Staff Gathering and Capacity Building

KeMANGTEER Jakarta dan ADRA Indonesia.

Jakarta - KeMANGTEER. ADRA Indonesia adalah organisasi kemanusiaan yang dalam pelaksanaan pelayanannya dilaksanakan secara teknis oleh lebih dari 150 orang relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelatihan, workshop, seminar diberikan agar para relawan memiliki peningkatan kapasitas.

Senang sekali, KeMANGTEER Jakarta berkesempatan untuk menjadi pemateri dan edukator untuk ADRA di acara "3rd ADRA Indonesia Volunteer, Staff Gathering and Capacity Building" mengenai Manfaat Ekonomis dan Ekologis Mangrove yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Advent, Pancoran, Jakarta (18/11/18).

Agenda dimulai dengan pembukaan, makan siang bersama dan doa bersama. Selanjutnya, relawan yang datang mendapatkan materi ADRA oleh Kak Clinton Raphel (Director Adra Indonesia), materi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana oleh Kak Avianto, dan materi Manfaat Ekonomis dan Ekologis Mangrove oleh Teer Nathasi, Teer Syifa dan Teer Retno.

Teer Retno saat menyampaikan materi mangrovenya.

"Pemaparan materi dari KeMANGTEER Jakarta disambut antusias oleh relawan ADRA yang hadir. Para relawan juga berkesempatan untuk mencicipi makanan olahan dari mangrove dan melihat batik mangrove," tutur Teer Retno.

Ingin mengetahui berbagai manfaat mangrove untuk alam dan manusia, beberapa peserta bertanya mengapa di pesisir daerah asal mereka tidak ditemui mangrove.

"Peserta dari Maluku juga menceritakan keadaan mangrove di daerahnya yang sangat banyak, namun akhirnya harus ditebang penduduk. Hal ini karena mangrove dianggap sebagai hama, dan mereka juga tidak mengetahui manfaat ekologis dan ekonomisnya," jelas Teer Retno lebih lanjut.

KeMANGTEER Jakarta berharap, dari acara ini para peserta yang hadir dapat menularkan ilmu mangrove yang sudah didapatkannya ke masyarakat luas, sebagai pendekatan untuk mengajak mereka melestarikan mangrove. Acara ditutup dengan games mitigasi bencana PREDIKT! dan foto bersama. (NF/ADM/KJKT).