7.5.23

KeMANGTEER Jakarta Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 3.000 Bibit Mangrove kepada Allianz Indonesia di Muara Tawar, Bekasi


Menanam mangrove di Muara Tawar, Bekasi.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove, kali ini kepada Allianz Indonesia. Pada kesempatan ini, berhasil ditanam sebanyak 3.000 bibit mangrove jenis Rhizophora atau Bakau di kawasan pesisir Muara Tawar, Bekasi dengan tujuan untuk mencegah abrasi pantai. (17/9/2019).

Tahapan kegiatan diawali dengan Edukasi dan Briefing Penanaman Mangrove oleh KeMANGTEER Jakarta di Kantor Allianz Indonesia. Peserta yang hadir saat edukasi terlihat antusias saat mengetahui fungsi dan manfaat ekologis dan ekonomis dari hutan mangrove. 


Edukasi mangrove oleh KeMANGTEER Jakarta.

Allianz Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peringatan World Clean Up Day. Untuk itulah, mereka berkolaborasi dengan KeMANGTEER Jakarta yang sudah berpengalaman dalam hal pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove untuk mendampingi mereka dalam menyukseskan kegiatan ini.

Setelah edukasi mangrove selesai, kegiatan dilanjutkan dengan langsung terjun ke lapangan untuk membersihkan pantai dan menanam 3.000 bibit mangrove di pesisir Muara Tawar, Bekasi.


Foto bersama selepas kegiatan.

Para peserta penanaman nampak sangat antusias dalam menanam mangrove walaupun kondisi siang hari dan harus menceburkan dirinya ke lumpur hingga kedalaman sepinggang orang dewasa.

KeMANGTEER Jakarta mengatakan bahwa kedepan, di lokasi penanaman mangrove ini juga akan dikembangkan menjadi ekowisata mangrove. Selain sebagai pencegah abrasi, intrusi air laut dan rob yang mengancam warga pesisir di Muara Tawar, memang saat ini sedang diupayakan untuk mengkonservasinya dengan cara mengelolanya menjadi kawasan ekowisata mangrove.

Keseluruhan acara yang dimulai dari pagi hingga siang hari ini berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan bersih diri dan foto bersama. (ADM/KJKT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar