Empat Mangroving Seru Ala KeMANGTEER Serang

Mangroving ke BAPPL STP Karangantu.

Serang - KeMANGTEER. Selama bulan Juli hingga September 2017, KeMANGTEER Serang banyak melakukan kegiatan mangroving, mulai dari mengajar para pelajar di sekolah hingga ke luar kota, tepatnya di Jepara.

Di bulan Juli, Teer Serang menghadiri aksi Penanaman Mangrove dalam rangka "Peringatan Hari Mangrove Sedunia" bersama Riung Hijau, KKM UNTIRTA, KKM UNSERA dan warga pesisir Serang utara, tepatnya di desa Tengkurak, Serang, Banten.

"Penanaman mangrove di kawasan tambak adalah satu cara menjaga kualitas lingkungan dan memberi manfaat besar bagi keberlangsungan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Mangrove berperan sebagai zona penyangga dan filter pada air yang masuk ke dalam tambak. Ia juga merupakan habitat kritis bagi berbagai macam makhluk hidup, baik yang dilindungi maupun tidak," jelas Teer Andin, pengurus KeMANGTEER Serang.

Peserta penanaman mangrove menyambut Hari Mangrove Sedunia.

Selanjutnya, Teer Serang juga mengadakan KeMANGTEER Goes To School (KGTS) di bulan Agustus, sebuah kegiatan sosialisasi terkait mangrove dan isu-isu pesisir yang ada di Banten kepada Adik-adik Analis Pecinta Alam SMAK PGRI kota Serang.

KGTS 2017 di SMAK PGRI kota Serang.

"Sangat antusias sekali Adik-adik ini, ketika kami menjelaskan manfaat mangrove itu banyak sekali," jelas Ketuteer Kevin, selaku pengajar mangrove dan koordinator KGTS.

Masih di bulan yang sama, empat Teer (Rigen, Novi, Andin dan Nupus) mewakili KeMANGTEER Serang mengunjungi MECoK (Mangrove Education Center of KeSEMaT) di Teluk Awur, Jepara yang merupakan area konservasi milik KeSEMaT dalam rangkaian acara Mangrove Cultivation (MC) 2017 dengan tema Mangrove for Social Media Influencer.

"Selain mendapat ilmu mangrovenya, kami juga dipertemukan dengan beberapa KeMANGTEER regional. Di situlah kami sharing informasi mangrove yang terjadi di regional masing-masing, dengan didampingi oleh Mas Aris Priyono (Bapak Mangrover Indonesia)," terang Teer Nupus.

Seminar Nasional MC 2017 di Jepara.

Teer Serang juga berkunjung ke BAPPL STP Karangantu, Serang, Banten. Dalam acara ini, kami sharing mangrove yang ada di Banten bersama Taruna dan Taruni STP.

Acara kunjungan ini dikoordinatori oleh Divisi Marketing Communication (Marcom) dalam proyeknya "Jelajah Mangrove" yang sebelumnya pernah membuat video 'Jelajah Mangrove di Pulau Dua.'

"Kali ini, kami mengajak pengurus untuk ikut serta dalam pembuatan video ini. Seru sekali, jadi selain diskusi mangrove yang dapat membuka wawasan kami lebih luas lagi, kami pun juga menjelajahi mangrove yang ada di sini" tutup Teer Andin. (NP/AN/KSRG).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kampanye Visual “Doodle Mangrove”