Daftar Sekarang, Tanam Mangrove SEPTEMBER Bareng KeMANGTEER Jakarta di Pulau Pari!

Poster SEPTEMBER.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai Teer. Abang dan Mpok Teer KeMANGTEER Jakarta, lagi punya gawe yang seru banget, nih. Mau tahu? Simak yuk, informasi di bawah ini. Jangan lupa, gabung, ya. Pendaftaran sudah dibuka mulai sekarang.

TERM OF REFERENCES
Seru-seruan Peduli dan Tanem Mangrove Bersama (SEPTEMBER) KeMANGTEER Jakarta

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Saat ini kondisi hutan mangrove di pesisir Indonesia sudah mengalami kerusakan yang semakin kritis yakni sekitar 75%. Kerusakan ini terjadi akibat adanya ekspansi besar-besaran pembangunan pemukiman di sekitar bibir pantai atau pemanfaatan lahan hutan mangrove secara berlebihan.

Di Indonesia sendiri, sebagian besar hutan mangrove sudah beralih fungsi menjadi tambak, tambang pasir, perkebunan kelapa sawit dan alih fungsi lainnya.

Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan hutan mangrove memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup ekosistem di sekitarnya.

Hutan mangrove merupakan tipe ekosistem peralihan darat dan laut yang multifungsi, yaitu sebagai sumber daya potensial bagi kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi-sosial dan juga melindungi pantai dari abrasi serta meredam gelombang laut.

Hutan mangrove juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti tempat berkembang biak biota laut, mencegah intrusi air laut ke darat, menyerap karbondioksida, pengolah limbah akibat pencemaran industri, dan habitat alami berbagai jenis mahluk hidup.

Atas dasar itulah, KeMANGTEER Jakarta tergerak untuk melakukan pelestarian terhadap ekosistem hutan mangrove, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

KeMANGTEER Jakarta adalah wadah bagi sukarelawan pelestarian mangrove di Jakarta yang merupakan bentukan dari Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur atau KeSEMaT yang didirikan pada tanggal 17 September 2011 silam.

Pada awalnya, KeMANGTEER Jakarta hanya terdiri dari beberapa anak muda saja, namun seiring berjalannya waktu anggotanya kian bertambah.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh KeMANGTEER Jakarta adalah mengajak masyarakat luas untuk lebih aware lagi terhadap keberadaan mangrove itu sendiri. Kegiatan utama yang dilakukan oleh KeMANGTEER Jakarta adalah penanaman bibit mangrove secara swadaya dan mengedukasi masyarakat lewat program-program edukatif, seperti seminar ke sekolah/universitas ataupun melalui sharing session di pertemuan antar komunitas.

Salah satu cara untuk menarik perhatian masyarakat untuk lebih peduli dan mencintai alam tanpa meninggalkan kesan fun adalah dengan mengadakan wisata edukatif yang diberi nama SEPTEMBER (Seru-seruan Peduli dan Tanam Mangrove Bersama) KeMANGTEER Jakarta.

Melalui program SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta ini, kami berharap banyak masyarakat yang nantinya akan menjadi lebih aware terhadap kelestarian alam ini khususnya ekosistem mangrove di pesisir Jakarta, mengingat kerusakan yang terjadi sudah sangat memprihatikan.

B. Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain:
1. Memperkenalkan komunitas KeMANGTEER Jakarta ke masyarakat terutama generasi muda.
2. Mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kelestarian alam terutama hutan mangrove yang ada di daerah Jakarta dan sekitarnya.
3. Menginformasikan kepada masyarakat mengenai isu-isu seputar ekosistem mangrove, manfaatnya bagi kehidupan kita, hingga kondisi kerusakannya saat ini.
4. Menumbuhkan rasa cinta terhadap alam ini dengan melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan. 

C. Nama Kegiatan
SEPTEMBER (Seru-Seruan Peduli dan Tanem Mangrove Bersama) KeMANGTEER Jakarta.

D. Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang akan diselenggarakan berupa wisata edukatif selama 2 (dua) hari 1 (satu) malam. Adapun agenda kegiatan yang akan kami lakukan nanti diantaranya:
1. Pengenalan tentang ekosistem Mangrove.
2. Diskusi interaktif seputar ekosistem Mangrove.
3. Penanaman bibit Mangrove.
4. Snorkling di beberapa area Pulau Pari.

E. Waktu Kegiatan
Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 7 September 2014 di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

F. Target Peserta
Kegiatan ini dibuka untuk Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Umum.

PANDUAN KEGIATAN
A. Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran kegiatan SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta 2014 ini dapat dilakukan dari tanggal 5 sampai dengan 14 Agustus 2014 dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Isi form pendaftaran dengan mengisi identitas lengkap pada link berikut:
https://docs.google.com/forms/d/11vEyNvDE-QGr1rA1L_Iw5vMvecL-BdHISlytmbq-NJc/viewform?c=0&w=1
2. Jika sudah mengisi form pendaftaran, maka akan ada email konfirmasi yang menyatakan bahwa anda telah sukses melakukan pendaftaran dan informasi mengenai tata cara pembayaran.

B. Tata Cara Pembayaran
Setelah menerima email konfirmasi pendaftaran, peserta dapat membayar biaya kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Biaya untuk mengikuti kegiatan SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta 2014 ini adalah sebesar Rp. 290.000,- (dua ratus sembilan puluh ribu rupiah).
2. Peserta dapat membayar secara lunas (full payment) sebesar Rp. 290.000,-.
3. Jika ingin membayar secara cicilan, maka peserta dapat membayar uang muka (down payment) sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Pelunasan sisa sebesar Rp. 90.000,- (sembilan puluh ribu rupiah) dapat dilakukan pada hari keberangkatan.
4. Pembayaran uang muka maksimal tanggal 14 Agustus 2014. Jika sampai batas waktu akhir tidak melakukan pembayaran, maka akan dianggap mengundurkan diri dari keikutsertaan kegiatan tersebut.
5. Tidak ada pengembalian uang jika terjadi pembatalan (cancellation).
6. Silahkan transfer pembayaran melalui rekening a/n Insan Setiadi:
a. BCA cabang Bintaro Sektor 3 a/c 4741008780
b. Bank Mandiri cabang Plaza Mandiri a/c 070-00-0628792-9
7. Segera konfirmasikan pembayaran anda dengan mengirimkan foto bukti transfer melalui Whatsapp ke nomor berikut:
a. Addie : 081806512145.
b. Putri : 08889933735.

C. Fasilitas Wisata
Para peserta akan mendapatkan fasilitas wisata sebagai berikut:
1. Transport kapal PP Muara Angke – Pari.
2. Penginapan (Homestay).
3. Makan 3 kali.
4. Barbeque
5. Sepeda santai.
6. Alat snorkling lengkap.
7. Kapal snorkling untuk 3 spot snorkling: Bintang Rama, APL, Depan Dermaga.
8. Tour Guide.
9. Snorkling Guide.
10. Welcome drink.
11. Foto underwater.
12. Jalan-jalan ke Pantai Pasir Perawan
13. Jalan-jalan ke Bukit Matahari.
14. Jalan-jalan ke LIPI.
15. Bibit mangrove untuk ditanam.
16. Games berhadiah.
17. Sertifikat.

D. Syarat dan Ketentuan
1. Membawa perlengkapan mandi dan baju ganti.
2. Membawa obat pribadi masing-masing. Beritahukan kepada panitia mengenai riwayat penyakit yang dimiliki dan atau tata cara penggunaan obat atau alat medis pribadi sebagai antisipasi jika penyakit Anda kambuh. Yang terpenting, pastikan kondisi tubuh Anda sehat saat akan mengikuti kegiatan ini.
3. Dilarang terlambat saat keberangkatan, tidak ada konpensasi bagi yang terlambat.
4. Dilarang membuang sampah sembarangan saat kegiatan ini berlangsung. Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
5. Dilarang membawa minuman keras, senjata tajam atau berbahaya lainnya.
6. Jagalah barang berharga pribadi Anda dengan baik. Panitia tidak bertanggungjawab atas kehilangan atau kerusakan yang terjadi.
7. Dengan mengikuti kegiatan ini, maka peserta wajib mematuhi segala aturan yang diberlakukan oleh panitia dan membebaskan panitia dari segala tuduhan ataupun keberatan lainnya.

E. Pusat Informasi
Segala bentuk pertanyaan atau keluhan dapat disampaikan pada Humas (Public Relation) kami:
1. Putri: 08889933735.
2. Addie: 081806512145.

Informasi terbaru dapat dilihat pada media sosial kami berikut ini:
Twitter : @KeMANGTEERJKT
Facebook : KeMANGTEER Jakarta
Youtube : KeMANGTEERJKT
Instagram : KeMANGTEERJKT
Website : www.kemangteer.org

PENUTUP
Demikianlah Term of References (TOR) ini kami susun sebagai panduan kegiatan SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta 2014 di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Semoga kegiatan yang diselenggarakan ini dapat menambah wawasan masyarakat mengenai situasi dan kondisi ekosistem hutan mangrove yang ada di kawasan pesisir Jakarta dan juga menumbuhkan semangat kepedulian untuk dapat lebih mencintai lingkungan khususnya hutan mangrove.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. (ADM).

Komentar

  1. Bagaimana panduan keberangkatannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung menghubungi CP kami di atas ya, Teer. :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta

Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kampanye Visual “Doodle Mangrove”