3.3.17

KeMANGTEER Jogja Ajak Siswa Sekolah Peduli Sampah

KeMANGTEER Jogja di Sosialisasi HPSN 2017.

Yogyakarta - KeMANGTEER. Pada hari Sabtu, tanggal 18 Februari 2017 lalu, KeMANGTEER Jogja bersama komunitas-komunitas lain di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Komunitas Jogja mengadakan kegiatan edukasi dan Focus Group Discussion (FGD) di beberapa SMA di Kota Jogja dan sekitarnya.

Adapun kegiatan edukasi tersebut bertajuk “Jangan Biarkan Bencana Akibat Sampah”. Tema tersebut sengaja dipilih untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Tentu kalian tahu dong, Teer, latar belakang peringatan HPSN ini? KeMANGTEER Jogja yang diwakili oleh Ketuteer Fariz, Teer Novan, dan Teer Kiki, bersama perwakilan dari World Merit Indonesia, Indonesia Student and Youth Forum (ISYI) Yogyakarta, dan Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI) Yogyakarta mendapat kesempatan untuk memberikan edukasi di SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Teer Jogja sedang sosialisasi mangrove dan sampah di SMAN 7 Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan perkenalan komunitas dan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya di Jogja. Setelah itu, diadakan pembagian kelompok FGD untuk membahas solusi atas permasalahan yang diberikan untuk kemudian dipaparkan bersama.

Sampah tak hanya menjadi masalah di daratan saja, melainkan juga di wilayah pesisir, dimana sampah rumah tangga yang menumpuk, akan terbawa ke sungai hingga sampai ke area mangrove.

Kelompok yang dapat memaparkan solusi dengan baik diberi hadiah dari Aliansi Komunitas Jogja. Seru ya, Teer! Semoga generasi muda Indonesia dapat selalu peduli pada sampah.

Yuk, sukseskan kampanye Indonesia Bebas Sampah 2020 untuk menciptakan Indonesia yang bersih, sehat, dan nyaman. Semangteer! (RK).