Peringati HPSN, KeMANGTEER Jogja Bersih Kali Gajah Wong

Peringati HPSN, Teer Jogja turut bersihkan Kali Gajah Wong.

Yogyakarta - KeMANGTEER. Sebagai lanjutan dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 yang diadakan oleh KeMANGTEER Jogja dan komunitas-komunitas yang tergabung dalam Aliansi Komunitas Jogja, pada hari Minggu (26/2/2017), telah diadakan Aksi Bersih Sampah di bantaran Kali Gajah Wong, Gambiran, Jogjakarta.

Lokasi kegiatan dibagi menjadi dua area, yaitu di sekitar Gajah Wong Educational Park dan sekitaran Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. KeMANGTEER Jogja yang diwakili oleh Ketuteer Fariz, Teer Kika, dan Teer Ama bersama dengan volunteer dari KOPHI Jogja, Bank Sampah Syariah (BSS), World Merit Indonesia (WMI) Jogja, Youth Forum for Climate Change (YFCC), dan Taman Kota menempati area 2 di sekitaran Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Ketuteer Fariz turut hadir di Bersih Sampah Kali Gajah Wong.

Selain kerja bakti membersihkan sampah, dilakukan pula edukasi terkait pemilahan sampah dan pembuatan biopori kepada warga sekitar bantaran Kali Gajah Wong.

Setelah kerja bakti selama kurang lebih 3 jam, didapatkan sekitar 4-6 ton lebih sampah yang berasal dari bantaran kali dan sekitar pemukiman warga. Duh, ngeri ya, Teer!

Para peserta saat foto bersama.

“Semoga momentum HPSN ini bisa membuat masyarakat semakin sadar bahwa permasalahan sampah dan lingkungan di Jogja itu nyata, dan diperlukan kontribusi aktif dari seluruh pihak untuk menjadikan lingkungan Jogja semakin istimewa. Sampah yang ada di sungai akan menuju ke mangrove dan laut, untuk itu harus kita atasi bersama,” kata Teer Fariz.

“Kedepannya, semoga bisa kolaborasi lagi dengan teman-teman di Aliansi Komunitas Jogja dan membawa semangat dari Jogja untuk Indonesia lebih luas lagi,” pungkasnya. (RAF).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta