Profil Ilham Dewantoro, Ketua KeMANGTEER Jakarta 2011/2012

Teer Ilham (dua dari kiri - red) bersama KeMANGTEER Jakarta.

Jakarta – KeMANGTEER. Menjadi seorang pribadi yang peduli dengan mangrove, di jaman yang serba instan ini, bukanlah sesuatu yang mudah. Di saat yang lainnya tidak mau repot dengan nasib mangrove apalagi memikirkannya karena sibuk dengan dirinya sendiri, tanpa ada perhatian sedikitpun dengan kondisi pesisir Indonesia yang semakin hari kondisinya semakin memprihatinkan, seorang anak muda Jakarta, yang pada tanggal 17 September 2011 lalu, telah dinobatkan sebagai Ketua KeMANGTEER Jakarta, berhasil membuktikan bahwa hidup selaras dengan mangrove, adalah sebuah gaya hidup modern yang patut dijadikan pilihan.

Dengan tujuan untuk turut serta memberikan sumbangsihnya, sebagai generasi muda Indonesia demi pelestarian mangrove, maka gaya hidup MANGROVER, gaya hidup sukarelawan mangrove KeMANGTEER, yang saat ini mulai dijalaninya, adalah sebuah gaya hidup GREENROVE yang baik dan sehat, untuk mencoba membantu Indonesia, dalam rangka mencegah kerusakan hutan mangrovenya, yang saat ini telah mencapai 71%!

Berikut ini adalah hasil wawancara kami dan sekilas profil mengenai Sdr. Ilham Dewantoro (Ilham) - lihat foto di atas, dua dari kiri, memakai tas ransel - berikut pandangannya mengenai mangrove dan harapan perkembangannya di masa depan. Semoga saja, ini bisa menginspirasi kita semua, untuk turut serta bersama Ilham, KeMANGTEER dan KeSEMaT dalam rangka menyelamatkan 29% hutan mangrove Indonesia yang tersisa.

Profil
Nama : Ilham Dewantoro.
TTL : Tangerang 2 Mei 1991. Anak ke-3 dari 3 bersaudara. Anak Pasangan Bapak Soehardjono dan Ibu Istiani.
Alamat : Villa Bintaro Indah Jl. Sulawesi IV, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.
Pendidikan : Mahasiswa Universitas Gunadarma Angkatan 2009. Jurusan Psikologi Program Khusus Akselerasi Sarjana-Magister.
Hobi : Singing, Browsing, Sport (Renang) dan Traveling.
Moto Hidup : Target harus 100%, Usaha 100%, Hasil serahkan Yang Maha Kuasa.
Twitter : @iCare4Mangrove

Kenapa tertarik dengan mangrove, bagaimana awalnya?
Awal tertarik dengan mangrove adalah terinspirasi sosok pujaan, Mbak Anggun C. Sasmi yang menaruh kepedulian besar terhadap hutan mangrove di Indonesia. Kemudian mulai browsing di Twitter tentang kelompok pecinta mangrove dan akhirnya saya menemukan account KeSEMaT yang isi dari tweet2nya memberikan pengetahuan juga kesadaran akan betapa pentingnya fungsi mangrove.

Kenapa mangrove unik?
Kenapa mangrove unik? Karena mangrove adalah tanaman yg tangguh walau diterjang ombak sekalipun. Hidup di daerah yang tidak biasa, di daerah pasang surut air laut. Memiliki manfaat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti dapat diolah hingga menjadi gula, bolu, bahan pewarna batik, bahkan untuk obat juga. Dalam satu ekosistem hutan mangrove juga bisa terdapat bermacam2 spesies, mulai dari plankton hingga biawak pun ada.

Kenapa memilih KeMANGTEER?
KeMANGTEER saya lihat begitu mengena di jiwa anak muda, tweet2nya di Twitter tidak pernah membuat saya bosan. Yang paling gencar untuk mengkampanyekan peduli mangrove bagi anak2 muda juga, saya rasa hanya mereka. Inovasi2nya dalam mengajak anak2 muda u/ peduli mangrove bisa dikatakan sangat efektif.

Setelah terpilih sebagai Ketua KeMANGTEER (Ketuteer) Jakarta, bagimana rencana ke depan?
Setelah terpilih jadi Ketuteer, next goal saya yg pertama adalah 1) memberikan edukasi menarik seputar mangrove bagi anak2 muda Jakarta 2) menggerakkan lebih banyak anak muda di Jakarta untuk peduli mangrove 3) Memperluas mitra kerja dalam usaha konservasi mangrove 4) Memperluas area lokasi hutan mangrove di pesisir pantai Jakarta.

Himbauan kepada generasi muda Jakarta dan Indonesia yang belum peduli mangrove?
Himbauan untuk generasi muda Jakarta yang belum peduli terhadap mangrove, ayo mulai tanamkan rasa malu tinggal di negara kepulauan terbesar di dunia namun tidak peduli dengan mangrove, ingat bahwa mangrove gerbang dari ekosistem laut yang lebih jauh, ketika mangrove rusak, perlahan2 laut pun akan ikut rusak. Coba main ke tempat wisata mangrove dan rasakan indahnya kalau mangrove kita lestari.

Bagaimana cara menyelamatkan mangrove di internet?
Jangan ragu dan jangan malu untuk memulai semuanya dari hal kecil, semisal posting tweet ke Twitter, posting artikel mangrove di blog, ngobrolin mangrove bareng temen2 kalian, dan pastinya biar ketularan pinter dan semakin luas pergaulan, join bareng kita di @KeMANGTEER Jakarta.

Harapan terhadap masa depan mangrove Indonesia?
Harapan kedepannya, pendidikan mengenai mangrove bisa ditanamkan oleh Pemerintah sejak dini pada anak2 Indonesia melalui Kementerian Pendidikan yang bekerjasama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan, dan kementerian2 yg bersangkutan lainnya sehingga bibit2 MANGROVER sudah tumbuh sejak dini pula, yang berdampak pada suksesnya program konservasi mangrove itu juga pada akhirnya. Amin. Semangteer! (ADM).

Komentar