2.5.23

KeMANGTEER Jakarta Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 200 Bibit Mangrove kepada Binus English Club di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta


Keseruan menanam mangrove di PIK.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove, kali ini kepada Binus English Club dalam program bertajuk The 2019 BNEC Social Event. Kegiatan ini, sukses diselenggarakan di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. (20/7/2019).

Sebanyak 23 orang peserta berhasil menanam 200 bibit mangrove jenis Rhizophora atau Bakau, dengan teknik penanaman menggunakan bantuan ajir. Sebagai informasi, ajir merupakan potongan bambu berukuran kurang lebih satu meter yang digunakan sebagai penyangga bibit mangrove agar tidak roboh, pada saat terkena air pasang. 


Belajar mangrove bersama KeMANGTEER Jakarta.

KeMANGTEER Jakarta mengatakan bahwa kelulushidupan bibit mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK cukup tinggi, mengingat substratnya lumpur yang sesuai dengan jenis Bakau dan lokasinya yang terlindung sehingga disukai oleh bibit mangrove untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebelum menanam, KeMANGTEER Jakarta tidak lupa menyampaikan edukasi mangrove kepada peserta mengenai arti pentingnya ekosistem mangrove untuk kehidupan manusia. Para peserta penanaman terlihat sangat antusias dalam mendengarkan pemaparan dari KeMANGTEER Jakarta.

Kegiatan yang dimulai dari pagi hingga siang hari ini berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Binus English Club kepada KeMANGTEER Jakarta.


Penyerahan kenang-kenangan.

Setelah dilakukan kegiatan penanaman, KeMANGTEER Jakarta kembali diundang oleh Binus English Club pada Final Event The 2019 BNEC Social Event di Plaza Atrium, Jakarta. Pada kesempatan ini, KeMANGTEER Jakarta kembali didaulat untuk menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat mangrove kepada para peserta yang hadir. (21/7/2019).

Pada kesempatan ini, juga dibagikan 3.000 sedotan bambu kepada para peserta yang hadir untuk menjaga bumi tetap asri dan lestari sehingga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).


Kampanye mangrove di Plaza Atrium, Jakarta.

KeMANGTEER Jakarta tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kolaborasi baik dengan Binus English Club dalam menjaga kawasan hutan mangrove di pesisir Jakarta.

Harapannya, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pelestarian hutan mangrove di Jakarta pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya, demi masa depan yang lebih baik.

Keseluruhan kegiatan yang dimulai dari pagi hingga siang hari ini, juga berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Binus English Club kepada KeMANGTEER Jakarta. (ADM/KJKT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar