Entri yang Diunggulkan

27.3.18

KeMANGTEER Jakarta dan PT Boston Scientific Indonesia Tanam Mangrove Bersama di Pantai Indah Kapuk

Tanam mangrove bersama di PIK.

Jakarta - KeMANGTEER. Dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR), maka PT Boston Scientific Indonesia melakukan kegiatan peduli lingkungan dengan aksi menanam mangrove, yang berlokasi di Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk (24/3/18). Kali ini, KeMANGTEER Jakarta kembali menjadi official event organizer untuk pendampingan penanaman.

Senang sekali, pada kesempatan ini, Teer Jakarta juga berkesempatan berkolaborasi dengan International Animal Rescue (IAR) Indonesia dalam rangka kegiatan edukasi Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang menjadi salah satu fauna endemik di hutan mangrove.

Saat menuju lokasi lahan penanaman, peserta diberikan edukasi mengenai fungsi dan manfaat hutan mangrove di tengah kota, yang salah satunya adalah sebagai penyerap karbon dan menghasilkan oksigen dua kali lebih besar dari pohon jenis lainnya.

Pemberian kenang-kenangan.

Usai penanaman, peserta kembali melanjutkan field trip melalui jembatan, sambil dijelaskan kembali mengenai keunikan mangrove, salah satunya bentuk akar napas yang keluar dari sisi batang dan menghujam ke tanah.

Selesai penjelasan mengenai mangrove, edukasi dilanjutkan dengan pengenalan fauna yang terdapat di hutan mangrove, yakni Monyet Ekor Panjang yang dibawakan langsung oleh Kak Agung dari IAR Indonesia.

Foto bersama selepas penanaman.

Kegiatan mangroving kali ini berlangsung sangat menyenangkan. Selain peserta diedukasi mengenai manfaat hutan mangrove, mereka juga mendapat banyak wawasan baru tentang fauna endemiknya, sang Macaca yang tentunya semakin menambah kepedulian mereka dengan lingkungan mangrove dan alam semesta.

"Terima kasih untuk kolaborasi serunya, buat IAR Indonesia dan juga untuk Bapak-Bapak PHL ekowisata yang senantiasa membantu penanaman mangrove kami di Kawasan PIK, ini," terang Ketuteer Nathasi. "Semoga, kedepan kita terus dapat berkolaborasi dalam rangka menyelamatkan hutan mangrove di Jakarta khususnya, dan di Indonesia pada umumnya," pungkasnya. (NF/ADM/KJKT).