Gairah Muda SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta

SEPTEMBER, gokil!

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 11 – 12 September 2015, IKAMaT mengikuti agenda penanaman mangrove di Taman Nasional Kepualauan Seribu Jakata, tepatnya di pesisir dua pulau, yaitu di Pulau Bira dan Pulau Panjang, Taman Nasional Kepulauan Seribu. Acara yang diselenggarakan oleh KeMANGTEER (KeSEMaT Mangrove Voulunteer) Jakarta ini bertajuk SEPTEMBER (SERU – SERUAN & PEDULI TANEM MANGROVE BERSAMA KeMANGTEER JAKARTA) 2015.

Dua anggota IKaMAT, yaitu Yanuar Yogha Pradana dan Teguh Yudana Yekti hadir di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta tempat meeting point acara diselenggarakan, sejam sebelum berangkat, menggunakan kapal nelayan pariwisata pada pukul 07.30 WIB. Pada agenda tersebut, event dibuka pada waktu meeting point.

Mangroving, jelajah laut menuju Kep. Seribu.

Selanjutnya, perjalanan mereka dilanjutkan dengan menggunakan kapal pariwisata nelayan selama tiga jam perjalanan, memasuki Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kapal mereka menuju dermaga Pulau Harapan, salah satu pulau yang ada pada administrative Taman Nasional Kepulauan Seribu.
Sesampai di sana, keduanya dan peserta lainnya, beserta panitia SEPTEMBER 2015, menuju ke homestay yang merupakan rumah penduduk masyarakat local Kepulauan Seribu.

Hari pertama, SEPTEMBER 2015 ini diawali dengan memasuki homestay di Pulau Harapan, makan siang, ISHOMA dan dilanjutkan dengan agenda snorkling di laut dan pesisir Kepulaun Seribu. Snorkling dimulai dari Pulau Panjang Besar dan Pulau Bira. Setelah puas, agenda dilanjutkan dengan bermain games sambil menikmati sunset menjelang senja di pantai pasir-putih Pulau Perak. Amazing!

Mangroving, snorkeling jadi satu.

Masih di hari pertama, di malam hari, seperti pada perjalanan biasanya, setelah pulang dari menikmati alam perairan dangkal bawah laut Kepulauan Seribu, agenda dilanjutkan dengan makan malam dan setelah itu berlanjut ke ramah tamah antar peserta dan panitia (KeMANGTEER Jakarta) sambil barbeque di pinggir pantai Pulau Harapan. Sadis!

Teer Yoga dari KeSEMaT menyampaikan cara menanam mangrove yang baik dan benar.

Pada agenda ramah tamah tersebut, Yoga diminta untuk mengisi sambutan selaku perwakilan dari IKAMaT. Selain itu, Yoga juga diminta untuk menjelaskan organization profile dan perjalanan KeSEMaT dan IKAMaT selama berkarya untuk mangrove Indonesia sehingga bisa menancapkan tajinya hingga ke dunia internasional. Yoga juga menjelaskan bagaimana cara menanam mangrove yang baik dan benar dan beberapa jenis mangrove yang ada di Indonesia sebagai penghantar agenda penanaman mangrove besok pagi.

Tanam mangrove, yuk!

Hari kedua, digelar penanaman bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata di Pulau Panjang dan Pulau Bira Besar. Kegiatan ini dimulai pagi pukul 7.30 WIB – 10.00 WIB, meliputi acara penanaman mangrove, pengumuman peserta terbaik, pengumuman pemenang lomba social media Twitter KeMANGTEER Jakarta dan penutupan.

Agenda foto bersama dan pembuatan video ucapan selamat ulang tahun ke-4 kepada KeMANGTEER Jakarta, tak lupa dilaksanakan juga di pulau tersebut.

Kan, rame banget. Makasih yang udah ikutan SEPTEMBER.

SEPTEMBER 2015 adalah event tahunan yang digelar mulai awal terbentuknya KeMANGTEER Jakarta. Pada kesempatan ini, peserta yang mengikuti event tersebut berjumlah 67 peserta, yang terdiri dari berbagai mahasiswa dari kampus-kampus besar di Indonesia, seperti UNDIP, IPB, UNJ dan beberapa karyawan dari perusahaan dan instansi pemerintahan dalam negeri ternama, seperti Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Keuangan RI, Senayan City, Honda Astra Tbk, dan Sinar Mas Tbk.

Selamat ulang tahun yang ke-4 KeMANGTEER Jakarta. MUDA TERUS DAN SELALU BERGAIRAH. Semangat MANGROVER!. (Sumber: MANGROVEMAGZ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV