Menyedihkan, Kondisi Mangrove dan Pesisir Muara Gembong!

Rob di Muara Gembong.

Muara Gembong - KeMANGTEER. Salamteer. Kali ini, aku akan sedikit merangkum tweetrove Teer Dyra dari KeMANGTEER Jakarta, yang pada tanggal 17 Mei 2014 berkesempatan mangroving ke Muara Gembong, Bekasi. Sedih banget melihat foto-foto dan reporteer yang disampaikan dia. Kondisi mangrove dan pesisir Muara Gembong, rusak parah, Teer!

Dicuplik dari akun @Dyrahadisasmito, kondisi mangrove di Muara Gembong rusak karena pertambakan dan penebangan mangrove untuk peruntukan lainnya. Dari beberapa foto yang diunggah, terlihat bahwa abrasi dan rob air laut sudah sangat parah, tak terbendung, merusak dan masuk ke daratan.

Jadi kebayang, Teer. Warga pesisir di Muara Gembong pasti sangat menderita karena salah satu akibat rob dan intrusi air laut adalah sanitasi yang buruk, rentan penyakit kulit dan air minum menjadi asin. Duh! :-(

Masih dari lini masa Teer Dyra, terlihat juga foto-foto jalan kampung yang tergenang air laut, kondisi pemakaman yang terkena rob (Astagfirullah!), sekolah yang rusak karena abrasi, dan kondisi menyedihkan lainnya akibat hilangnya mangrove di pesisir Bekasi.

Yang lebih menyedihkan, terlihat Adik-adik kita yang masih SD, hanya menggunakan sandal saja dalam menuntut ilmu karena ruang belajar mereka terkena rob air laut.

Di sekitar kawasan, aku lihat sekarang sudah mulai banyak komunitas yang bahu membahu mulai mengkampanyekan penyelamatan mangrove agar kondisi pesisir di sana tidak tambah parah.

Semoga saja, kedepan akan semakin banyak pihak yang peduli dengan mangrove Muara Gembong, ya. Amin. Mari kita bantu kampanyekan mangrove di Bekasi, dan terus berdoa, Teer. (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta