27.2.18

KeMANGTEER Jakarta Gelar Monitoring dan Evaluasi Mangrove di Marunda

Monev bibit mangrove di Marunda.

Marunda - KeMANGTEER. Pada Sabtu (24/2/18), Pengurus KeMANGTEER Jakarta dan Anggota Oprec 2018 mengadakan agenda internal di Pantai Marunda. Acara dimulai dengan "Kelas Mangrove," yaitu kegiatan untuk memperkaya dan memperdalam ilmu tentang mangrove. Pada kegiatan ini, setiap peserta berdiskusi dan sharing ilmu dengan Mas Adit.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) mangrove. Suasana laut sedang surut, pada sore itu, di Pantai Marunda, sehingga memudahkan proses monev.

Mengukur tinggi bibit mangrove.

Pada monev kali ini, dilakukan pencatatan jumlah tanaman yang hidup, tinggi tanaman, umur tanaman, serta pencatatan hama dan gangguan yang terjadi di lahan penanaman. Selain itu, dilakukan juga kegiatan pengambilan sampah pada area penanaman mangrove.

Sebagai informasi, untuk mengganti tanaman mangrove yang telah mati, Teer Jakarta akan melakukan kegiatan tanam sulam pada April 2018 mendatang, melalui Kegiatan Tanam dan Pelihara (KETAPEL) Mangrove.

"Kami akan mengajak partisipasi anak muda di Jakarta untuk mengikuti kegiatan kami, berupa bersih-bersih lahan mangrove, juga monev," ujar Ketuteer Nathasi. "Bagi yang mau ikutan, tunggu release resminya di IG @KeMANGTEERJKT atau website KeMANGTEER, ya," pungkasnya. (NF/ADM/KJKT).