15.12.17

KeMANGTEER Serang Tanam Mangrove di Teluk Banten

Teer Serang tanam mangrove di Teluk Banten.

Linduk - KeMANGTEER. Pada tanggal 9 Desember 2017, mulai pagi hingga siang hari, KeMANGTEER Serang berkesempatan mangroving dalam kegiatan penanaman mangrove yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Banten, dalam program 'Sewu Mangrove Kanggo Teluk Banten.'

Acara dipusatkan di Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Serang, Banten. Dalam kesempatan ini, Teer Serang juga menyebarkan virus cinta mangrove kepada Adik-adik SMK Merdesa, lho.

Tak lupa, Teer Serang juga memperkenalkan kuliner mangrove yang terbuat dari tepung mangrove. Hal ini bertujuan agar generasi muda di Serang lebih banyak tahu akan fungsi dan manfaat hutan mangrove.

"Ini terbuat dari apa-nya, sih, Kak?" tanya salah satu peserta. "Rasanya enak," tambahnya.

Mangroving tanam mangrove di Teluk Banten. Senangnya...

Teer Serang kemudian menjelaskan bahwa kuliner mangrove kerupuk, stik, peyek dan lain-lain dapat diolah dari tepung mangrove jenis Lindur dan Api-api.

"Jadi, mangrove itu banyak sekali jenisnya, Dik. Mangrove juga banyak sekali fungsinya, tidak hanya menahan abrasi saja, tapi juga bisa mencegah intrusi air laut ke darat," jelas Teer Novi, pengurus KeMANGTEER Serang. "Oh, ya. Mangrove juga dapat dimanfaatkan menjadi kuliner seperti yang Adik icip. Jangan tebang mangrove, ya," pungkasnya. (NAP/ADM/KSRG).