Rayakan Kemerdekaan RI ke-72, KeMANGTEER Indonesia Gelar Upacara di Lumpur Mangrove

Upacara di Lumpur Mangrove Semarang Mangrove Center.

Yogyakarta - KeMANGTEER. Tahun ini, KeMANGTEER Indonesia yang diwakili oleh KeMANGTEER Jakarta, KeMANGTEER Semarang, KeMANGTEER Jogja dan KeMANGTEER Serang kembali menggelar Upacara di Lumpur Mangrove dalam rangka turut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-72.

Di Jakarta, KeMANGTEER Jakarta bersama puluhan relawan dari berbagai komunitas dan umum turut memeriahkan HUT RI ke-72 dengan melakukan Upacara Bendera di Lumpur Mangrove di pesisir Marunda, pada Kamis (17/08/17).

Kegiatan diawali dengan Upacara Bendera, Lomba 17-an dan Penanaman Bibit Mangrove. Turut hadir pula Bapak Ikhsan dari Yayasan Mangrove, selaku pembina upacara. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dinilainya dapat membangkitkan semangat kemerdekaan dengan cara yang berbeda dan bersumbangsih pada alam.

Upacara Bendera di Lumpur Mangrove di Pesisir Marunda.

Kegiatan diakhiri dengan penanaman mangrove sebagai salah satu bagian dari program KETAPEL (Kegiatan Tanam dan Pelihara) Mangrove.

Di Serang, upacara dipusatkan di Pesisir Serang Utara, Banten yang juga dilaksanakan secara khidmat. Upacara yang diselenggarakan oleh para pengurus KeMANGTEER Serang ini, mengharuskan peserta upacara untuk memberikan cat bendera merah putih di muka masing-masing untuk memompa semangat para peserta upacara.

Cat bendera Indonesia saat upacara di mangrove Serang Utara.

Upacara dilakukan di lumpur yang memiliki kedalaman hingga sepinggang orang dewasa. Pelaksanaan upacara berjalan baik dan lancar dan berlangsung khidmat.

Sementara itu, di Semarang, para peserta Upacara di Lumpur Mangrove juga nampak antusias, dimana KeMANGTEER Semarang dan KeMANGTEER Jogja bergabung bersama dengan KeSEMaT, Yayasan IKAMaT dan CV. KeMANGI, menyelenggarakan upacara di Semarang Mangrove Center (SMC) Mangunharjo, Tugu.

Kegiatan ini diikuti oleh 60-an orang peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang organisasi dan pendidikan.

Diharapkan, dengan adanya kolaborasi rangkaian kegiatan ini, akan dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan generasi muda dan tentunya semangat dalam melestarikan hutan mangrove di Indonesia. (KJKT/KSRG/KSMG/ABL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta Pembicara NGO Social Work Binus International

Bertemu Aris Priyono, Bapak Mangrover Indonesia