KeMANGTEER Bengkalis "Berburu" Propagul Rhizophora

Teer Saprizal "berburu" propagul mangrove jenis Rhizophora mucronata.

Bengkalis - KeMANGTEER. Hari itu, sambil mengisi waktu luang, saya bersama Teer Saprizal, berangkat ke Desa Pambang untuk "berburu" propagul mangrove jenis Rhizopora mucronata. Propagul hasil dari perburuan kami ini, akan digunakan untuk program pembibitan dan penanaman mangrove untuk mengisi kekosongan jenis ini di lahan konservasi mangrove Desa Kelapapati, Bengkalis, Riau.

Lokasi yang kami tuju adalah ke Kelompok Mangrove Blukap yang dipimpin oleh Bang Samsul. Kelompok Blukap ini merupakan salah satu kelompok konservasi mangrove yang tertua di Bengkalis.

Sambil beristirahat, Bang Samsul berbagi pengalaman kepada kami tentang pengelolaan mangrove, dimana beliau juga sudah menerima penghargaan tingkat provinsi didalam melakukan konservasi mangrove.


Hasil "berburu" propagul.

Tak henti-hentinya, beliau menanamkan semangat konservasi kepada kami. Walaupun seorang nelayan, dengan semangat, Bang Samsul memberikan pandangan akan pentingnya habitat mangrove terhadap ekosistem laut.

Terima kasih, Bang Samsul atas propagul dan semangat konservasi mangrove yang diberikan kepada kami. Save mangrove! (RIO/KBLS).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta