12.7.17

Press Release Mangrover Menulis 2017

Poster Mangrover Menulis 2017.

Semarang - KeMANGTEER. Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli di setiap tahunnya, maka KeMANGTEER Indonesia menyelenggarakan program Mangrover Menulis yang bertemakan Aku dan Mangroveku. Program ini hanya khusus untuk anggota KeMANGTEER di 11 kota di Indonesia saja. Berikut ini adalah TOR Mangrover Menulis:

MANGROVER MENULIS: AKU DAN MANGROVEKU

I. JUDUL KEGIATAN
Mangrover Menulis: Aku dan Mangroveku

II. TUJUAN
Sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi anggota KeMANGTEER Regional, memberikan fasilitas untuk dapat berkompetisi dengan baik antar individu, dan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli.

III. LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan ekosistem hutan yang unik, dan berbanggalah Indonesia memiliki sekitar 3 juta hektar hutan mangrove yang tumbuh disepanjang 95.000 kilometer pesisirnya. Jumlah ini mewakili 23% dari keseluruhan ekosistem mangrove dunia.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh apabila mangrove tersebut dikelola dengan baik, namun ironisnya, saat ini kondisi hutan mangrove di Indonesia mengalami kerusakan dan pengurangan area secara cepat. Kerusakan hutan mangrove di Indonesia sudah tergolong cukup parah, yaitu sudah mencapai 68%.

Berkaca dari hal tersebut, KeMANGTEER berdiri, untuk mewadahi para mangrover yang peduli akan kondisi mangrove di Indonesia. KeMANGTEER berupaya untuk ikut serta dalam pelestarian mangrove, dan saat ini berada di 11 regional se-Indonesia.

Tentunya, dalam visi-misi melestarikan mangrove tersebut, ada banyak pengalaman yang dapat diceritakan, baik membahagiakan, mengharukan, dan lain sebagainya.

Bertepatan dengan peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli, kami selaku pengurus KeMANGTEER Indonesia ingin mengajak para anggota KeMANGTEER Regional untuk berbagi pengalaman dalam kegiatan “Mangrover Menulis: Aku dan Mangroveku”.

IV. PELAKSANA KEGIATAN
KeMANGTEER Indonesia
CP: Rizka Ayu Fardani/085725720747
E. r.ayufardani@gmail.com/kemangteer@gmail.com
W. www.kemangteer.org

V. JADWAL KEGIATAN
12-26 Juli 2017: Pengumpulan artikel.
31 Juli: Pengumuman pemenang.

VI. KETENTUAN ARTIKEL
1. Peserta adalah anggota KeMANGTEER Regional.
2. Karya yang diikutsertakan merupakan karya asli dan milik sendiri, tidak direkayasa dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
3. Karya yang dikirim sesuai tema, berbentuk cerita dengan ketentuan:
Font face: Times New Roman
Line spacing: 1,5
Font size: judul 14, isi 12
Margin: all 3 cm
• Min. 150 kata dalam format pdf
4. Gaya tulisan bebas, tidak harus terpaku dengan gaya tulisan yang sistematis. Tulislah dengan gaya Anda sendiri, "seliar" mungkin asal tidak melenceng dari tema.
5. Sebagai pendukung, mohon disertakan foto minimal 1 (satu) buah dengan resolusi cukup tinggi. Sertakan caption yang menarik, berikut hak cipta foto.
6. Tulisan dikirim ke email kemangteer@gmail.com, cc redaksi@mangrovemagz.com dengan subject: Mangrover Menulis_Nama_Regional (Contoh: Mangrover Menulis_Kika_Jogja).
7. Juri berasal dari KeMANGTEER dan tim MANGROVEMAGZ.
8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

VII. HADIAH
Lima artikel yang paling menarik mendapatkan paket Mas Jamang (Kuliner Mangrove) dan karyanya akan dimuat di mangrovemagz.com dan kemangteer.org.

VIII. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat menjadi gambaran terhadap pelaksanaan Munas KeMANGTEER Indonesia. (ADM).