Cegah Abrasi, KeMANGTEER Jakarta dan SMAK 5 Penabur Tanam 100 Mangrove di Pantai Marunda

Foto bersama selepas menanam mangrove.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Penanaman bibit mangrove-bersama antara KeMANGTEER Jakarta dan SMAK 5 Penabur Kelapa Gading dilakukan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2016 di Pantai Marunda, Jakarta Utara. Peserta yang terdiri dari siswa kelas X, XI, XII, alumni dan guru berjumlah 20 orang dan sangat antusias dalam penanaman mangrove ini.

Sebelum melakukan penanaman, peserta diberikan pengarahan oleh Teer Jakarta mengenai lokasi penanaman mangrove di Pantai Marunda yang telah mengalami abrasi sejauh 2,7 km dan sedikit lagi sampai ke rusun, tempat hunian warga sekitar.

Setelah itu, peserta juga diberikan pengetahuan mengenai jenis-jenis mangrove dan fungsinya untuk kehidupan manusia. Peserta kemudian diberikan contoh penanaman mangrove yang baik dan benar.

Pengalaman baru yang diterima oleh teman-teman SMAK 5 Penabur sangat berkesan oleh mereka. Mengapa demikian? Karena, baru pertama kali ini, mereka menanam 100 bibit mangrove di lokasi yang lumpurnya mencapai 40 cm.

Setelah melakukan penanaman bibit mangrove, teman-teman SMAK 5 Penabur juga melakukan gerakan bersih-bersih sampah di areal mangrove yang sudah agak besar.

Seperti banyak kita ketahui, bahwa daerah pesisir kerap kali menjadi tempat yang paling banyak ditemui sampah.

Sampah-sampah ini juga berada di sekitar akar-akar mangrove dan dapat mengganggu pertumbahan mangrove serta mengganggu ekosistem di sekitar mangrove. (DH).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV