KeMANGTEER Jakarta dan Yayasan Mangrove Tanam 5500 Mangrove di Pulau Bidadari

Menanam mangrove untuk masa depan yang lebih baik.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Siang ini (17/8), Teer Jakarta bersama dengan Yayasan Mangrove sedang menjalankan tugas, nih. Kami menanam 5500 mangrove di Pulau Bidadari, lho. Kece, kan! Walau terik matahari semakin siang semakin panas, ini tidak membuat semangat kami menurun untuk nanem mangrove.

Sebagai informasi, menaman baby-baby mangrove ini, banyak manfaatnya, lho, seperti:

1. Mencegah intrusi air laut
Intrusi air laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan.

2. Mencegah erosi dan abrasi pantai
Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air, sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.

3. Sebagai pencegah dan penyaring alami
Hutan mangrove biasanya dipenuhi dengan akar pohon bakau (Rhizophora spp) yang kuat dan berlumpur.

4. Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa
Hutan mangrove juga merupakan tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan, seperti biawak, kura-kura, monyet, burung, ular, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis hewan laut, seperti ikan, udang, kepiting dan siput juga banyak tinggal di daerah ini. 

5. Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.
Jangankan pohonya,buahnya aja, juga bisa jadi olahan makanan, kayunya juga bisa buat obat, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu program CSR dari PT. Pembangunan Jaya yang ingin turut serta berkontribusi dalam pelestarian mangrove di kawasan pesisir Jakarta.

Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar, dengan harapan semoga bibit mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan optimal, sehingga akan dapat ikut menghijaukan kawasan pesisir Pulau Bidadari. (TGPW).

Komentar