Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-66, KeMANGTEER dan KeSEMaT Kibarkan Sang Merah Putih di Lumpur Mangrove!

Berendam di lumpur saat upacara.

Trimulyo – KeMANGTEER. Pada tanggal 17 Agustus 2011, tepat pukul 10.00 WIB, KeSEMaTER bersama dengan para sukarelawan mangrovenya yang tergabung dalam KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di lumpur mangrove Trimulyo, Semarang.

Pengibaran bendera ini adalah atas inisiasi dari KeMANGTEER dengan tujuan agar membangkitkan semangat kemerdekaan di dada para generasi muda Indonesia, dalam hal ini adalah para MANGROVER yang ada di Semarang dan sekitarnya, yang notabene merupakan generasi muda penerus cita-cita bangsa Indonesia.

Acara dimulai dengan prosesi pembuatan tiang bendera dan persiapan upacara, dengan melakukan gladi resik, yang disaksikan oleh beberapa media lokal, seperti Seputar Indonesia dan Koran Tempo.

Alasan pemilihan area tambak Trimulyo sebagai lokasi upacara adalah mengingat sangat parahnya abrasi dan kerusakan lingkungan yang terjadi di lokasi ini.

Sebuah inisiasi dari KeSEMaT, warga Trimulyo, Dinas Kelautan dan Perikanan Semarang, Dinas Pertanian, kelurahan, kecamatan dan beberapa pihak terkait mangrove telah mulai dilakukan dan berhasil merubah sedikit demi sedikit lahan tambak yang dulunya rusak menjadi hijau kembali dipenuhi mangrove.

Upacara berlangsung khidmat, sakral dan sukses. Dalamnya lumpur mangrove hingga mencapai dada para MANGROVER ini, sama sekali tak menghalangi mereka dalam mengibarkan bendera Merah Putih dengan baik.

Hasil dari upacara di lumpur mangrove ini juga telah berhasil dipublikasikan di beberapa media online dan cetak pada tanggal 18 Agustus 2011 ini, yang sekaligus sebagai sebuah publikasi dan kampanye mangrove yang menarik, agar warga bangsa Indonesia mulai memperhatikan daerah pesisirnya, terutama mangrove yang di tahun 2011 ini sudah rusak mencapai 71%. Semangat MANGROVER! (Sumber: KeSEMaTONLINE).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV