5.6.20

Press Release Essay Competition 2020

EC 2020.

Jakarta - KeMANGTEER. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Juni di setiap tahunnya, kali ini, KeMANGTEER Indonesia kembali menyelenggarakan Essay Competition (EC) untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia menuliskan pemikiran, pandangan atau pengalaman yang berhubungan dengan lingkungan.

Diharapkan menulis esai menjadi salah satu hal baru yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Indonesia, pada masa Pandemi COVID-19, sehingga nantinya akan dapat menciptakan masyarakat yang kritis, berpikir terbuka dan kreatif dalam hal menjaga lingkungan.

PERIODE EC
5 - 30 Juni 2020

PENGUMUMAN EC
3 Juli 2020

TEMA EC
1. Aku dan Mangrove
2. Aksi Ramah Lingkungan
3. Masa Depan Pesisir Indonesia

HADIAH EC
Juara 1: Polo Shirt, Lunch box, Tumbler, Reusable straw, Madu, Teh telang dan Mangrove Essential Oil.
Juara 2: Polo Shirt, Totebag, Reusable straw, Madu, Teh telang dan Mangrove Essential Oil.
Juara 3: Polo Shirt, Tumbler, Reusable straw, Madu, Teh telang dan Mangrove Essential Oil.
Juara Favorit: T-Shirt. 

Para peserta dan pemenang juga akan mendapatkan sertifkat dari KeMANGTEER.

Poster EC 2020.

SYARAT DAN KETENTUAN EC
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
2. Peserta tidak dibatasi umur.
3. Lomba bersifat perseorangan.
4. Terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.
5. Pengiriman karya esai dimulai pada tanggal 5 Juni 2020 sampai dengan 30 Juni 2020 pukul 23.59 WIB.
6. Peserta lomba dapat mengembangkan judul esai sesuai dengan tema yang dipilih.
7. Setiap hasil karya esai diketik di Microsoft Word dengan huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, dengan ukuran kertas A4 dan jumlah minimal 300 kata.
8. Karya esai dikirimkan ke e-mail KeMANGTEER Indonesia: kemangteer@gmail.com dengan subjek e-mail: Essay Competition 2020_Nama lengkap (Contoh: Essay Competition 2020_Rizki Ramadhan).
9. Nama file Microsoft Word dinamai dengan format: Essay Competition 2020_Nama lengkap (Contoh: Essay Competition 2020_Rizki Ramadhan).
10. Tulisan pada esai dapat berupa pemikiran, pandangan atau pengalaman inspiratif yang sesuai dengan tema esai.
11. Peserta diwajibkan untuk menyertakan foto (dalam format jpeg atau png) atau dokumentasi pribadi pada karya esai dalam lampiran berbeda, untuk menggambarkan ilustrasi yang sesuai dengan tema esai.
12. Peserta menyertakan data diri berupa nama lengkap, domisili, alamat email, nomor handphone dan akun Instagram pada akhir karya esai, dalam Microsoft Word (format doc) dalam lampiran berbeda.
13. Peserta lomba diperbolehkan untuk mengikuti lebih dari satu tema esai, namun dikirimkan dalam file Microsoft Word yang berbeda.
14. Dengan mengikuti EC, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia akan menjadi hak milik KeMANGTEER Indonesia beserta Official Partner dalam lomba ini.
15. Pemenang Juara 1, 2, 3 dan Juara Favorit bersedia karya esainya untuk dipublikasi melalui media sosial dan jejaring online KeMANGTEER Indonesia dan Official Partner.
16. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2020 di akun Instagram @KeMANGTEER dan website kemangteer.org.
17. Peserta yang melakukan segala bentuk kecurangan dan pemalsuan data akan didiskualifikasi atau dianulir dari kompetisi ini.

KRITERIA PEMILIHAN PEMENANG EC
1. Karya esai yang dikirimkan adalah hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
2. Karya esai mempunyai kesesuaian dengan salah satu tema yang dipilih.
3. Pengiriman karya esai tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan.
4. Esai mengikuti format penulisan, format pengiriman dan format data diri yang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan EC.
5. Penulisan karya esai ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, jelas, sekreatif mungkin, runut dan mudah dibaca.
6. Isi karya esai mempunyai salah satu dari hal berikut, yaitu: pemikiran yang kreatif, pandangan yang menarik atau cerita pengalaman yang inspiratif.
7. Juara Favorit dipilih melalui kesepakatan dewan juri dengan mempertimbangkan karya esai yang mempunyai keunikan tersendiri.
8. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

JURI EC
Ganis Riyan Efendi (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ)
Devi Anggar Oktaviani (Editor Greeners.co)
Eulis Utami (Koordinator Mitra Hutan Itu Indonesia)

OFFICIAL PARTNER
Greeners.co (Instagram: @greeners.co)
Hutan Itu Indonesia (Instagram: @hutanituid)

INFORMASI
Contact Person: 0812-9981-0368 (Teer Rizki)
Instagram: @KeMANGTEER
Email: kemangteer@gmail.com
Website: www.kemangteer.org

Demikian, press release ini disampaikan. Kami tunggu karya esai Anda. Semoga EC ini dapat menginspirasi seluruh kalangan masyarakat Indonesia untuk selalu peduli dan ikut menjaga lingkungan. (AH/AP/DH/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar