KeMANGTEER Serang dan NATUR Tanam Mangrove di Pulau Empat

Mangroving seru ke Pulau Empat.

Serang - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 5 - 6 Mei 2016, KeMANGTEER Serang bersama dengan NATUR melakukan aksi mangroving tanam-mangrove-bersama di Pulau Empat, Serang, Banten. "Bersama KeMANGTEER Serang, asyiknya main ke pulau itu, kalo kita barengi sambil nanem mangrove. Melihatnya kedepan, 2 sampai 3 tahun, semoga tumbuh dengan baik, ya," kata Teer Besar Hariyadi selaku Pengurus KeMANGTEER Serang.

Bersama dengan Anggota KeMANGTEER Serang lainnya, mereka berangkat dengan menaiki perahu menuju ke lokasi penanaman, yaitu di Pulau Empat. Perjalanan mereka ditemani dengan gemericik air hujan yang mengiringi selama perjalanan ke pulau sehingga perjalanan jadi makin seru dan menantang. Asyiknya, mangroving!

Kondisi substrat di lokasi penanaman adalah lumpur-berkarang dan sudah terdapat mangrove pioneer dari jenis Rhizophora yang tumbuh dengan baik.

Foto dulu, sebelum tanam mangrove.

Untuk itulah, maka ditetapkan Rhizophora-lah yang kemudian ditanam di lokasi ini, dengan tujuan agar mendapatkan hasil kelulushidupan yang optimal.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari CSR NATUR yang memberikan donasinya tak hanya kepada KeMANGTEER Serang saja, tetapi semua regional KeMANGTEER yang ada di Indonesia.

"Senang sekali, aksi-aksi mangroving di setiap kota mendapatkan perhatian yang lebih, tak hanya dari pemerintah kota setempat, tetapi juga dari pihak swasta, seperti NATUR. Kami sangat berterima kasih kepada NATUR yang telah memberikan bantuannya kepada KeMANGTEER, demi melestarikan kawasan pesisir dan hutan mangrove yang ada di sembilan kota, dimana KeMANGTEER berdiri," jelas Teer Faisal, selaku Dirut Yayasan IKAMaT.

Wah, keren sekali, kan. Semoga bibit-bibit mangrove yang telah ditanam di Pulau Empat, akan dapat tumbuh dengan optimal sehingga dapat membantu pemilihan kondisi lingkungan setempat yang mulai tergerus oleh abrasi. (TGPW).

Komentar