KeMANGTEER dan KeMANGTEER Semarang Ikut Tanam 1000 Cemara Laut di GPB2L KLHK dan KeMANGI

Tanam mangrove di pesisir Semarang.

Semarang - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 5 Desember 2015, KeMANGTEER Indonesia dan KeMANGTEER Semarang yang diwakili oleh Teer Aik dan Teer Dwinda mengikuti tanam mangrove dan bersih pantai yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan CV. KeMANGI di Mangkang Kulon, Semarang. Di kesempatan ini, mereka menanam mangrove asosiasi jenis Cemara Laut dan ikut membersihkan sampah bersama 400 peserta lainnya di program Gerakan Bersih Pantai dan Laut Lestari (GPB2L).

Acara ini kece abis karena pesertanya banyak banget! Mulai dari pelajar, mahasiswa, masyarakat, LSM, pemerintah, masyarakat dan masih banyak lagi. Penanaman Cemara Laut dilakukan setelah sambutan-sambutan.

Panitia juga menyiapkan panggung hiburan musik pesisir dan banyak doorprize sehingga acara makin meriah.

Pada saat menanam mangrove, lokasi seremonial dengan penanaman mangrove lumayan jauh, sehingga tua dan muda, semua peserta membawa bibit mangrovenya, masing-masing. Sesampai di lokasi, Cemara Laut ditanam di substrat pasir dengan lubang tanam kurang lebih 20 cm.

Setelah menanam mangrove, acara dilanjutkan dengan bersih pantai dengan cara mengumpulkan sampah sesuai dengan jenisnya masing-masing, misalkan sampah karet, plastik, dan lain-lain.

Peserta nampak semangat membersihkan pantai di pesisir Semarang bersama dengan masyarakat dan membawanya ke timbangan yang sudah disediakan.

Yup, di acara ini, panitia juga menyediakan timbangan sampah dengan tujuan mengetahui berat sampah yang sudah dikumpulkan. Keren banget, kan!

Oh, ya. Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB, dengan pemberangkatan peserta menggunakan enam buah bus dari GSG UNDIP Tembalang. Setelah sambutan, menanam mangrove, membersihkan pantai dan makan siang serta hiburan, acara ditutup pukul 14.00 WIB. (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta