Jajanan Mangrove, Patut Dinikmati

Kue lumpur mangrove.


Semarang - KeMANGTEER. Sudah pernah mencicipi jajanan mangrove? Bagi kalian yang belum pernah, di samping ini, kami perkenalkan salah satu wujud jajanan yang terbuat dari tepung mangrove. Tepung mangrove?

Yup, tepung yang terbuat dari buah mangrove, yang dibuat sedemikian rupa sehingga kemudian bisa diolah jadi beraneka macam jajanan yang lezat. Foto di samping ini, kami ambil dari Mas Jamang, yang sudah memproduksi jajanan mangrove, seperti peyek, krupuk, kue basah dan lain-lain.

Oh, ya. Yang perlu diingat, pembuatan jajanan mangrove yang lebih ngetrend disebut jamang ini, ramah mangrove, lho, artinya, Mas Jamang tidak menebang mangrove, justru melestarikannya, karena bahan bakunya didapatkan dengan cara memetik buah mangrove dari kebun jamang dengan konsep budidaya. Keren, kan? :-)

Satu lagi, selain rasanya yang lezat dan juga penuh gizi karena mengandung karbohidrat tinggi, jamang juga berhasil menyejahterakan warga pesisir di Semarang, terutama ibu-ibu pengolah jamang, yang mendapatkan penghasilan tambahan dari berkebun mangrove dan memproduksi jamang.

Kalau dulu mangrove ditebang karena dianggap sarang penyakit dan nyamuk, juga dianggap sebagai sumber daya yang tanpa guna, kini tidak lagi. Warga mulai memetik mangrove dan membudidayakannya di kebun-kebun mangrove pesisir sehingga pesisir Semarang, mulai hijau lagi! Wah, kece, ya, Teer.

Ayo, yang penasaran dengan rasa jamang yang dijamin guriiih, yuk icip jamang yang patut dinikmati karena enak dan bergizi, ini. Kalau ke Semarang, kalian bisa langsung mampir ke Warung Mas Jamang, di Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang. (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta

Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kampanye Visual “Doodle Mangrove”