@KeMANGTEERJKT : Selamatkan Mangrove, Kembalikan Manfaat Darat dan Laut

Kecenya Teer Jakarta.

Jakarta - KeMANGTEER. Luas hutan mangrove semakin berkurang akibat minimnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. Namun, selalu ada komunitas yang tetap menjaganya, salah satunya Ke- MangTEER Jakarta, yang masih peduli terhadap budi daya mangrove.

Nama unik KeMANGTEER adalah singkatan dari KeSEMaT Mangrove Volunteer. Ini adalah wadah terbuka bagi siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap mangrove, khususnya kondisi mangrove di wilayah Jakarta. KeMANGTEER Jakarta beranggotakan generasi-generasi muda dari berbagai macam universitas dan pelajar sekolah yang ada di Jakarta.

Demi menyelamatkan hutan mangrove ini, beragam macam kegiatan rutin dilakukan, mulai dari kampanye atraktif, aktif, dan nyata, melalui media sosial, on air di radio, menghadiri seminar nasional, kolaborAKSI dengan bermacam komunitas, long march di Bundaran HI, hingga turun langsung melakukan Ketapel (kegiatan tanam pelihara) Mangrove di Muara Angke, Jakarta Utara, dan kawasan Pulau Seribu.

Pada akhir tahun 2012, satu acara yang diberi nama September (seru-seruan pelihara & tanem bersama) KeMANGTEER Jakarta juga sukses digelar. Perhelatan yang diadakan di Pulau Pari, Pulau Seribu, ini dilakukan secara sukarela dengan dana swadaya demi kembalinya ekosistem mangrove Indonesia yang kerusakannya sudah sangat akut, mencapai 75%.

Kampanye selanjutnya, pada awal 2013, KeMANGTEER Jakarta turut serta dalam acara 50 tahun WWF Indonesia. Dalam waktu dekat, komunitas ini juga akan mengadakan acara yang sedang dipersiapkan, yaitu proyek Rehabilitasi Mangrove di Kepulauan Seribu (Pulau Harapan dan Pulau Bira) bersama dengan Bank BJB.

Mengapa KeMANGTEER Jakarta begitu peduli kepada mangrove? Mereka menjawab, karena mereka tinggal di negara kepulauan yang identik dengan pesisir, laut, serta ekosistem yang ada di sana, yang salah satunya adalah hutan mangrove. Sekadar informasi, mangrove adalah tanaman pelindung besar, mempunyai banyak manfaat baik dari segi fisik, biologis, maupun ekonomis, seperti melindungi daratan dari gempuran gelombang air, tsunami, angin topan, perembesan air laut, juga tempat berkembang biak berbagai organisme (ikan, kerang, kepiting, dan udang), serta penghasil bahan baku industri.

Mencintai lingkungan sekitar menjadi prinsip yang tertanam dalam diri setiap anggota KeMANGTEER Jakarta. Bagi mereka, meski melakukan semua kegiatan ini tanpa imbalan, tapi ada kebanggaan yang bisa mereka peroleh, yaitu kebanggaan bagi diri sendiri karena bisa hidup selaras dengan alam. (Penulis: Balqis Eghnia N | Sumber: SEPUTAR INDONESIA).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV