Kita Penyelamat Mangrove atau Mangrove Penyelamat Kita?

Teer Kiki dan Teer Subhan, KeMANGTEER Jakarta.

Jakarta - KeMANGTEER. Saya memang bukan aktivis lingkungan, bukan juga mahasiswi kehutanan, atau ilmu kelautan. Saya calon guru (Guru SLB), tapi saya hanya ingin berguna dan sedikit mencoba membalas kasih sayang ibu pertiwi tercinta karna telah mengizinkan saya hidup di atas tanah nya, menghirup udaranya dan menggunakan air nya. Mungkin beribu-ribu cara yang dapat kita lakukan untuk membalas kasih sayang ibu pertiwi. Tapi entah kenapa saya tertarik dan jatuh cinta kepada Mangrove.

Mangrove ? apa itu Mangrove ? mungkin masih asing di telinga banyak orang, mangrove banyak dikenal dengan bakau dan itu salah. Karena sebenarnya Bakau adalah salah satu dari jenis Mangrove yaitu Rhizophora. Hutan Mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan di pengaruhi oleh pasang surut air laut.

Mangrove memiliki banyak fungsi dan salah satu nya yang paling penting, Mangrove berfungsi sebagai pemecah gelombang/menahan badai/gelombang Tsunami. Mangrove dapat mencegah masuk nya air laut ke daratan. Mangrove juga sangat berperan penting terhadap penyerapan karbon yang dapat mempengaruhi perubahan iklim atau yang kata orang trend dengan kata : PEMANASAN GLOBAL. Banyak sekali fungsi mangrove, sebagai bahan industri,obat, bahkan makanan dan masih banyak lagi.

Akibat dari banyak nya fungsi Mangrove dan amat sangat penting nya Mangrove bagi kita semua, maka dari itu tak ada salah nya kita menjadi bagian dari sang penyelamat Mangrove, bukan niat untuk keren-kerenan dan sok aktivis. Tapi berangkat dari perduli, kiranya hal kecil yang kita lakukan dapat berguna bagi orang lain. Kenapa kita harus melindungi dan menjadi penyelamat Mangrove ?

Luas hutan bakau Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999). - Sumber : Wikipedia.

Tapi data terbaru yang saya baca : Kerusakan hutan mangrove Indonesia, kini semakin merata ke berbagai wilayah di nusantara. Luas hutan mangrove Indonesia, berdasarkan survei Kementerian Kehutanan tahun 2006, adalah 7,7 juta hektar, namun dalam survei lanjutan yang digelar tahun 2010 silam hutan mangrove Indonesia kini tersisa tinggal sekitar 3 juta hektar.

Hilangnya hutan mangrove ini disebabkan oleh konversi menjadi lahan perkebunan, pertambakan, dan areal untuk tinggal manusia. -Sumber : http://www.mongabay.co.id/2012/07/12/hutan-mangrove-indonesia-terus-terkikis-manusia/#ixzz2KDB19IAq-

Apa masih kah hutan Mangrove di Indonesia menjadi Hutan Mangrove yang terluas di Dunia ? Apa akibat nya apabila tidak ada lagi hutan Mangrove ? Bahkan yang kita tahu betapa penting nya keberadaan Mangrove ?

lakukan hal kecil untuk Mangrove yang lebih baik, sekecil apapun usaha kita menyelematkan Mangrove akan menjadikan Mangrove sebagai Penyelamat kita nantinya.

YUK Gabung jadi sang penyelamat mangrove, follow : @KeSEMaT @KeMANGTEER @KeMANGTEERJKT @KeMANGTEERMLG @KeMANGTEERSMG.

i'm Mangrover , we're Mangrover #SAVEMANGROVE (Penulis: Karunia Kiki).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta

Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kampanye Visual “Doodle Mangrove”