12.9.12

KeMANGTEER Jakarta MANGROVING BBMan ke Pulau Untung Jawa Bersama EH Tangerang

Tanam mangrove bareng EH Tangerang.

Jakarta – KeMANGTEER. Pada tanggal 14 Juli 2012, lima orang perwakilan KeMANGTEER Jakarta, yaitu Teer Subhan, Malia, Tuti, Nanda dan Andre, mengikuti acara yang dibuat oleh komunitas EH Tangerang (Earth Hour Tangerang).

Acara yang bertemakan BBMan (Bareng-Bareng Mencintai Lingkungan ) ini, diadakan di Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu, Jakarta. Pada BBMan kali ini, KeMANGTEER Jakarta diundang untuk melakukan sosialisasi tentang hutan mangrove, karena acara yang diadakan dua hari ini, salah satu acaranya mengusung peduli hutan mangrove dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Pulau Untung Jawa.

Pada hari pertama, peserta BBMan dibagi dalam beberapa kelompok, untuk berlomba mengumpulkan sampah-sampah plastik yang ada di sekitar pantai maupun sampah yang ada di hutan mangrove. Tak disangka (sangat miris dan terkejut), ketika kami melakukan aksi bersih laut, kami menyaksikan sendiri betapa banyaknya tumpukan sampah yang menjulang tinggi, seperti bukit kecil. Banyak sekali sampah yang menyangkut di akar-akar mangrove. Kami mendapatkan info dari warga setempat bahwa sampah-sampah ini berasal dari arah Tanjung Priok dan Muara Angke.

Acara BBMan juga dilanjutkan dengan diskusi dan sharing mengenai lingkungan. Di sesi sharing tersebut, KeMANGTEER Jakarta diberikan waktu untuk menjelaskan kepada peserta, mengenai apa itu hutan mangrove, manfaatnya dan kegiatan KeMANGTEER Jakarta. Melihat antusiasme para peserta yang menyimak, membuat kami yakin bahwa masih banyak pemuda yang peduli hutan mangrove dan tertarik untuk mengikuti penanaman mangrove bersama KeMANGTEER Jakarta.

Pada hari kedua, di pagi hari, peserta BBMan melakukan penanaman bibit Rhizophora di sekitar pantai Pulau Untung Jawa, yang dipimpin oleh KeMANGTEER Jakarta, untuk membantu dalam kelancaran penanaman. Pada saat kami melakukan penanaman, kami juga menjelaskan tentang bagaimana teknik melakukan penanaman bibit mangrove kepada peserta. Acara BBMan ini merupakan acara dari Earth Hour Tangerang, dan peserta BBMan tidak hanya dari KeMANGTEER Jakarta, namun juga ada beberapa komunitas lainnya yang ada di wilayah Tangerang.

Semoga apa yang kami lakukan untuk Pulau Untung Jawa ada hasilnya. Dan, semoga saja bibit mangrove yang telah kita tanam, juga bisa tumbuh dengan baik. Amin. Siapapun bisa jadi pejuang mangrove. Mari beraksi! (AS).