AFG Go Green, Kepedulian Pecinta Anggun pada Mangrove

Tanam mangrove bareng Anggunesia.

Jakarta - KeMANGTEER. Berawal dari sebuah inspirasi yang datang dari artis internasional asal Indonesia yang telah lebih dulu membuktikan kecintaan dan kepeduliannya akan hutan Mangrove, Anggun Cipta Sasmi, kami Anggunesia dan KeMANGTEER Jakarta bekerja sama mengadakan acara AFG Go Green pada tanggal 18 Februari 2012 di lokasi Ekowisata Tol Sedyatmo, Pantai Indah Kapuk.

Acara ini sesungguhnya dirancang untuk memeriahkan ultah Anggunesia yang keenam, yang tepatnya jatuh pada tanggal 16 Februari 2012. Alasan mengambil tema Go Green dengan aksi tanam Mangrove adalah selain karena terinspirasi dari mbak Anggun, melainkan juga karena selama ini yang sering dilakukan Anggunesia dalam memeriahkan ulang tahunnya masih seputar kegiatan sosial saja, sehingga tidak ada salahnya jika sesekali beralih ke alam agar tertanam kecintaan dan kepedulian terhadap alam, terutama hutan Mangrove.

Sekitar pukul 11:00 WIB acara dibuka dengan sambutan oleh beberapa pendiri Anggunesia dan juga ketua KeMANGTEER Jakarta. Bang Mul, sapaan akrab bagi salah satu pendiri Anggunesia yang bernama asli Mulmizar ini membuka acara dengan doa yang ditujukan bagi kelancaran acara dan juga bagi beberapa rekan Anggunesia yang telah terlebih dahulu mendahului kita menghadap Yang Kuasa.

Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari ketua Anggunesia, Mbak Ika Hendrani dan berlanjut sambutan dari ketua KeMANGTEER Jakarta, Ilham Dewantoro yang memberikan sedikit pengetahuan singkat mengenai tanaman Mangrove dan manfaatnya bagi alam. Acara berlanjut pada tiup lilin dan potong kue.

Pada sekitar pukul 12:00 WIB akhirnya acara puncak dilaksanakan, yaitu menceburkan diri ke dalam lumpur untuk menanam bibit-bibit Mangrove. Para peserta terlihat begitu antusias dan gembira karena kebanyakan peserta baru pertama kali merasakan sensasi menanam bibit Mangrove di dalam lumpur.

Selain asik berjibaku dengan lumpur Mangrove, para peserta juga tidak lupa untuk mengabadikan momen ini dengan berfoto-foto bersama. Penanaman bibit Mangrove berlangsung kurang lebih setengah jam. Setelah itu para peserta lanjut membersihkan diri membilas sisa-sisa lumpur yang masih melekat di tubuh.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi yang pastinya sangat ditunggu oleh para peserta, yaitu makan bersama. Sambil makan, para peserta disuguhkan video-video Anggun yang berkaitan dengan Mangrove. Ada video dokumentasi Liputan 6 SCTV dan juga video hasil dokumentasi acara “Mon Arbre Pour La Vie au Pays d’Anggun - edited”.

Ulang tahun tak lengkap rasanya tanpa kado, maka acara pun berlanjut pada sesi tukar kado dan berakhir pada sekitar pukul 14:30 WIB yang ditutup oleh Bang Mul dan Mbak Ika Hendrani (ketua Anggunesia), juga ucapan terima kasih dari ketua KeMANGTEER Jakarta, Ilham Dewantoro.

Terima kasih yang sebanyak-banyaknya ditujukan pada Allah SWT yang telah memberi Ridho-Nya atas kelancaran acara AFG Go Green ini, pada saudara Budi M. yang telah menyumbangkan keseluruhan bibit sebanyak 50 bibit Mangrove.

Anggunesia atas konsumsi dan keikutsertaan KeMANGTEER Jakarta, dan yang terakhir pada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam usaha pelestarian hutan Mangrove di kawasan pesisir Jakarta.

“Apa yang telah kita ambil dari alam harus bisa kita berikan kembali pada alam” – Anggun Cipta Sasmi (ID).

Komentar

  1. Ilham Dewantoro22 Februari 2012 18.26

    Bangga dengan para Anggunesia dan KeMANGTEER yang bahu membahu menyelamatkan Hutan Mangrove Jakarta :-)

    BalasHapus
  2. Makasih Ilham dan rekan Kemangteer sudah hadir dan ikut serta menanam mangrove. Sampai ketemu lagi :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV