23.1.23

KeMANGTEER Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan Bibit Mangrove kepada Penerima Beasiswa Sobat Bumi, Universitas Pertamina


Serunya menanam mangrove di PIK.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove. Kali ini, kepada para penerima beasiswa Pertamina, yaitu Sobat Bumi, Universitas Pertamina, bertepatan dengan hari ulang tahun Pertamina. Penanaman dilakukan di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 20 buah dari jenis Rhizophora mucronata. (10/12/2022).

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan acara inti, yaitu Edukasi dan Penanaman Mangrove. Edukasi mangrove dilaksanakan pada saat perjalanan menuju ke lokasi penanaman. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung mengenai mangrove. 


Edukasi mangrove oleh Teer Qonitah.

"Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mulai dari pagi hingga siang hari. Sesampainya di lokasi penanaman, mereka kami berikan edukasi tentang tata cara menanam, sebelum melakukan penanaman mangrove," kata Teer Qonitah Hamidah (Sekjen). "Agar mudah mengingat caranya, saya dan teman-teman KeMANGTEER juga membantu dengan menyanyikan lagu BGNI, yaitu Buka, Gali, Nanam dan Ikat," lanjutnya.

Setelah semua peserta memahami penjelasan yang diberikan KeMANGTEER, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman mangrove. Penanaman ini berlangsung sekitar 30 menit. Keseruan aksi penanaman mangrove di hari itu, diakhiri dengan mencicipi produk olahan mangrove, pemberian sertifikat kepada kolaborator dan foto bersama.


Suasana kegiatan penanaman bibit Rhizophora.

Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan bibit mangrove yang telah ditanam akan dapat tumbuh dengan baik, sehingga bermanfaat untuk kelestarian hutan mangrove di pesisir Jakarta, demi terjadinya keseimbangan alam di masa depan. (QH/AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar