20.12.22

KeMANGTEER Serang Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 100 Bibit Mangrove kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia


Serunya menanam mangrove.

Serang - KeMANGTEER. KeMANGTEER Serang kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove. Kali ini, kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) dalam Program Aksi Penanaman Bakau FISIP Cinta Lingkungan #PrakarsaMerajutAsa yang berlokasi di Wisata Mangrove Pancer. Pada kesempatan ini telah ditanam 100 bibit mangrove jenis Rhizophora dengan jumlah peserta sebanyak 53 orang mahasiswa. (11/12/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI 2022 ini diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Acara dilanjutkan dengan edukasi penanaman mangrove oleh Teer Ria (KeMANGTEER Serang) yang menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat mangrove bagi keberlangsungan ekosistem di pesisir, berikut teknik persemaian, penanaman dan pemantauan mangrovenya yang baik dan benar.


Aksi penanaman mangrove BEM FISIP UI.

Tidak lupa, Teer Andin (Ketua KeMANGTEER Serang) juga mengenalkan jargon Salam MANGROVER dan Semangat MANGROVER! kepada para peserta penanaman mangrove yang nampak sangat bersemangat.

“Saat edukasi mangrove tadi, sempat gerimis. Tapi, itu tidak tidak mengurangi semangat saya dalam menanam mangrove," kata salah satu peserta. "Pasti akan asyik sekali, karena ini pengalaman pertama saya dalam menanam mangrove,” lanjutnya.

Setelah berganti pakaian, para peserta menuju ke lokasi penanaman mangrove yang memiliki kedalaman lumpur hingga lutut orang dewasa. Sebelum penanaman mangrove dimulai, peserta berfoto bersama di depan papan Wisata Mangrove Pancer.


Foto bersama.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap peserta menanam dua sampai empat bibit mangrove.

"Beberapa peserta menambah bibitnya sendiri, sehingga tak hanya menanam empat bibit mangrove, tapi lebih," ujar Teer Ria. "Mereka terlihat senang dapat menanam mangrove bersama teman-teman di kelompoknya, masing-masing," tambahnya.

Selesai menanam mangrove, para peserta melakukan bersih diri sambil menikmati senja, melihat laut dan kapal berlayar serta berkeliling jembatan. Keseluruhan acara yang berlangsung mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan penutupan dan foto bersama. (ADM/NAP/AP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar