1.8.18

Kerja Sama dengan Yayasan IKAMaT, KeMANGTEER Indonesia Serahkan Beasiswa Anak Pesisir Indonesia 2018

Poster BAPI 2018.

Semarang – KeMANGTEER. Dengan ini diumumkan kepada masyarakat luas, bahwa KeMANGTEER Indonesia bekerja sama dengan Yayasan IKAMaT akan menyelenggarakan program Beasiswa Anak Pesisir Indonesia (BAPI) 2018 dengan bentuk kegiatan Edukasi Mangrove dan Penyerahan Beasiswa.

BAPI diinisiasi oleh Yayasan IKAMaT, untuk membantu pengembangan karakter anak-anak pesisir di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati informasi di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Mangrove adalah salah satu ekosistem yang menggambarkan suatu keanekaragaman kehidupan dan sumber kekayaan di wilayah pesisir. Keberadaannya sangat menunjang keberlangsungan ekosistem lain di wilayah pesisir, seperti terumbu karang dan lamun.

Namun keberadaan ekosistem mangrove di Indonesia telah mengalami degradasi. Pesisir Serang dan Jakarta merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mengalami degradasi mangrove. Hal ini ditandai dengan hilangnya luas area atau wilayah habitat hidup dari ekosistem ini.

Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perikanan Provinsi Banten (2012) menyatakan bahwa luas mangrove di Banten mengalami penurunan drastis sebanyak 67% menyisahkan hanya 721.08 ha dan keseluruhan berada pada kondisi rusak. Salah satu faktor penyebab kerusakan mangrove adalah pertambahan penduduk yang begitu cepat terutama di daerah pantai, mengakibatkan adanya perubahan tata guna lahan dan pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan.

Ketidaktahuan masyarakat tentang bagaimana mengelola kawasan mangrove agar tetap lestari dan bermanfaat untuk kesejahteraan membuat masyarakat pesisir Serang dan Jakarta yang seharusnya menjaga keutuhan ekosistem mangrove justru merusak ekosistem mangrove.

Apabila aktivitas yang merusak ini dibiarkan berlanjut, maka keberadaan ekosistem mangrove dengan segala kompleksitasnya akan terancam. Untuk mencegah terjadinya abrasi yang semakin meluas, maka diperlukan langkah strategis dan berkesinambungan yaitu melalui kampanye dan pendidikan lingkungan sejak dini.

Kampanye dan pendidikan lingkungan sejak dini bertujuan untuk mengajak dan menghasilkan generasi yang memiliki pengetahuan tentang biofisik lingkungan dan menyadarkan bagaimana mengatasi masalah lingkungan tersebut, serta memotivasi untuk menemukan solusi terbaiknya. Hal-hal ini penting karena generasi ini merupakan generasi penerus yang memiliki peran besar bagi masyarakat dan lingkungan.

TUJUAN UMUM
Menyalurkan program donasi dalam bentuk beasiswa dan sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar di pesisir Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
Memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa maupun sarana serta memberi pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SD di pesisir Serang dan Jakarta.

PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan BAPI 2018 kali ini adalah KeMANGTEER Serang dan KeMANGTEER Jakarta.

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Kegiatan akan dimulai dengan edukasi mangrove melalui penyampaian materi mengenai pengenalan dan pemanfaatan mangrove. Penyampaian materi dikemas dengan seru, seperti dongeng dan lomba menggambar mangrove.

Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba menggambar dan beasiswa anak pesisir. Pemberian beasiswa ditujukan kepada pelajar berprestasi kelas 5 SD.

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan penyerahan BAPI 2018 di Serang dan Jakarta, dapat ditujukan kepada:

Himatul Kholisa
Sekjen KeMANGTEER Indonesia
CP. +6281310029757

KeMANGTEER merupakan wadah komunitas sukarelawan mangrove KeSEMaT di bawah manajemen Yayasan IKAMaT.

Sekretariat KeMANGTEER Indonesia
Jalan Bumi Wanamukti Blok I3/19 Semarang 50276
Jawa Tengah – Indonesia
P. +6285725720747
E. yayasanikamat@gmail.com
W. https://kemangteer.org