Tanam Mangrove dan Liburan Seru, KeMANGTEER Jakarta Sukses Gelar SEPTEMBER 2016 di Pulau Pari

Serunya SEPTEMBER di Pulau Pari.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer. Salamteer! Pada tanggal 17-18 September 2016, KeMANGTEER Jakarta sukses mengadakan acara SEPTEMBER (Seru-seruan dan tanam mangrove bersama KeMANGTEER JAKARTA) di pulau Pari, Kepulauan Seribu. Acara yang didakan oleh KeMANGTEER Jakarta ini merupakan acara tahunan yang diadakan sekaligus dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun KeMANGTEER Jakarta yang ke-lima.

Acara ini dibuka untuk peserta umum dengan tajuk "Menanam Mangrove Sambil Liburan Singkat."

Pada hari pertama, yaitu tanggal 17 September 2016 pagi,sekitar pukul 07.00 WIB, panitia dan peserta berkumpul di Pelabuhan Kali Adem, dimana pelabuhan Kali Adem tersebut dijadikan meeting point seluruh panitia dan peserta acara SEPTEMBER.

Sebelum menaiki kapal, panitia mengecek seluruh peserta apakah sudah datang semua atau belum. Setelah semua kumpul dan siap, sekitar pukul 08.00 WIB, kami mulai melakukan perjalanan menuju pulau Pari.

Perjalanan yang kami tempuh untuk sampai ke pulau Pari sekitar dua jam. Sesampainya di sana, panitia membuka acara SEPTEMBER di salah satu home stay yang kami booking, untuk istirahat selama di sana.

Menanam mangrove sambil snorkeling. Ajib! 

Kemudian, panitia membagi peserta dan panitia masuk home stay yang telah ditentukan sebelumnya. Acara dimulai dengan istirahat sejenak, makan siang dan sholat.

Kemudian, dilanjutkan dengan acara snorkeling di salah satu spot yang bagus dan hoping pulau Burung, dimana selama perjalanan tersebut kami dipandu oleh guide.

Setelah puas, kami kembali ke pulau Pari untuk bersih-bersih dan ganti baju, kemudian hunting sunset di pantai Bintang pulau Pari, setelah itu ishoma lagi.

Pada pukul 19.30 WIB acara kembali dimulai dengan diadakannya diskusi mengenai isu lingkungan di pantai Pasir Perawan. Sebelum diskusi dimulai, untuk membangun semangat, kami mengadakan games seru.

Setelah games selesai, diskusi dimulai dengan peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok 1 mendiskusikan tentang reklamasi, kelompok 2 tentang sampah laut dan kelompok 3 tentang bleaching coral.

Masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok, sedangkan kelompok lain boleh menambahan atau menyanggah.

Perjalanan menuju lokasi penanaman mangrove.

Semakin malam, acara berjalan semakin seru, apalagi ditambah setelah selesai diskusi, kami semua melakukan santap barbecue dan kemudian kami kembali ke home stay masing-masing, untuk istirahat.

Hari selanjutnya, pada tanggal 18 September 2016, merupakan acara puncak kegiatan SEPTEMBER, yaitu menanam mangrove di pantai Bintang.

Tapi sebelum melakukan penanaman mangrove tersebut, kami hunting sunrise di dermaga pulau Pari. Kemudian, kami sarapan dan jelajah mangrove dengan menggunakan sampan. Asyik!

Setelah selesai jelajah mangrove, kami menuju pantai Bintang untuk melakukan penanaman mangrove. Oh, ya. Untuk transportasi di sana, kami disediakan sepeda, lho. Jadi, makin seru dan mudah.

Dalam acara SEPTEMBER 2016 ini, kami menanam 100 bibit mangrove di pantai Bintang. Para peserta dan panita begitu semangat pada saat melakukan penanaman. Kemudian, panitia mengadakan games opsi sampah.

Dalam games tersebut, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan masing masing kelompok diberi trash bag untuk tempat sampah-sampah yang ada di sekitar pantai Bintang.

Pemenangnya ditentukan berdasarkan paling banyak dan berat sampah yang terkumpul, dimana pemenang dalam games ini adalah kelompok 1.

Sekitar pukul 10.30 WIB, kami kembali ke home stay untuk persiapan pulang. Pada pukul 14.30 WIB, kami sampai kembali di pelabuhan Kali Adem.

Foto bersama selepas penanaman mangrove.

Panitia dan peserta berkumpul untuk penutupan acara SEPTEMBER, sekaligus membagikan hadiah kepada para peserta dan kelompok yang menang dalam games.

Acara SEPTEMBER 2016 ini diikuti oleh 23 peserta dan panitia. Ada yang masih menjadi mahasiswa, ada pula yang sudah bekerja.

Oh, ya. Acara kali ini, KeMANGTEER JAKARTA mendapat dukungan dari media partner OPINI.ID, lho. Ada 3 orang dari media partner yang ikut gabung, dan meramaikan acara SEPTEMBER 2016 di pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Selamat ulang tahun KeMANGTEER JAKARTA yang ke-5. Selalu kompak dan semangat. Salam MANGROVER! Semangat MANGROVER! Yeay! (TGPW).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KeMANGTEER Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan Tanam Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta

Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kampanye Visual “Doodle Mangrove”