1.4.13

Bank BJB Alokasikan Dana CSR Penghijauan di Kepulauan Seribu, Kerjasama dengan KeMANGTEER Jakarta

Simbolisasi acara penyerahan bibit mangrove.

Jakarta - KeMANGTEER. Pantai merupakan wilayah yang sangat rentan dengan abrasi. Terjadinya abrasi yang terus menerus akan mengakibatkan terkikisnya wilayah daratan bahkan hingga habis. Salah satu bentuk penanggulangan terjadinya abrasi adalah dengan memberikan penahan terjadinya abrasi yakni dengan penanaman pohon bakau/mangrove.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Komunitas Kemangteer Jakarta yang merupakan komunitas peduli lingkungan di wilayah Jakarta dan kepulauan seribu, bahwa Pulau Harapan dan Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu merupakan wilayah yang ekosistem lingkungan pantainya sudah memasuki kondisi kritis sehingga abrasi pantai yang terus menerus mengakibatkan daratan yang ada mulai terkikis oleh sebab itu diperlukan penanggulangan dengan penanaman pohon mangrove di kepulauan tersebut.

Berangkat dari hal diatas, bank bjb yang merupakan salah satu bank nasional yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan merasa perlu untuk turut serta dalam memperbaiki ekosistem lingkungan khususnya di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa tersebut. Untuk kegiatan dimaksud bank bjb mengalokasikan dana CSR untuk kegiatan penanaman 8.000 pohon kepada Komunitas Kemangteer Jakarta. Kegiatan penanaman pohon tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 09 Maret 2013 di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa yang melibatkan masyarakat setempat, komunitas kemangteer Jakarta dan bank bjb.

Antusias dan tanggapan yang cukup positif dari masyarakat setempat sebagaimana yang disampaikan Lurah Pulau Harapan Bapak Ali Muhammad bahwa kegiatan tersebut telah memeberikan solusi kepada masyarakat dalam penanggulangan terjadinya abrasi selain itu juga diharapkan penanaman pohon mangrove tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat karena dengan pohon mangrove ekosistem perikanan akan lebih baik sehingga ikan-ikan yang dihasilkan akan lebih banyak dan berkualitas jauh lebih baik.

Sebagai bank yang sedang berkembang dan terus mengembangkan sayapnya untuk menjadi 10 bank berkinerja baik di Indonesia, bank bjb juga tetap memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan sosial sepertihalnya kegiatan perbaikan lingkungan tersebut diatas. Melalui dana CSR nya, bank bjb telah banyak melaksanakan kegiatan dalam berbagai sektor baik itu sektor pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Kegiatan-kegiatan tersebut akan terus bank bjb lakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. (Sumber: Bank BJB).