30.4.23

KeMANGTEER Jakarta Dampingi Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia Ambil Data Penelitian di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk


Penelitian di hutan mangrove PIK, Jakarta.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta melakukan kegiatan pendampingan pengambilan data untuk Penelitian Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan yang dimulai dari pagi hingga siang hari ini, dilaksanakan di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. (4/5/2019).

Proses pengambilan data melibatkan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 10 Jakarta dengan metode field trip, yang melakukan pengamatan pada aspek klimatik, hidrologis, edafik (kondisi tanah) dan biologis pada ekosistem hutan mangrove.


Pengambilan data di lapangan.

Pada kesempatan kali ini, tidak lupa KeMANGTEER Jakarta juga mengkampanyekan fungsi dan manfaat mangrove kepada para siswa dan siswi MAN 10 Jakarta dan para mahasiswa Pendidikan Biologi UPI di sela-sela kegiatan pengambilan data.

KeMANGTEER Jakarta menambahkan bahwa selain aktif melakukan kegiatan kolaborasi dengan berbagai lembaga di Jakarta dalam melaksanakan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove, pihaknya juga seringkali mengadakan kegiatan lainnya, yang masih berhubungan dengan upaya pelestarian mangrove.


Pencatatan data lapangan.

Penelitian mangrove merupakan salah satu hal penting, mengingat data-data yang dihasilkan akan dapat menjadi sumber yang akurat dalam pengelolaan hutan mangrove di masa mendatang, tidak terkecuali dengan kegiatan kali ini. 

Pada akhir pengambilan data, tidak lupa para mahasiswa Pendidikan Biologi UPI mengucapkan terima kasih kepada KeMANGTEER Jakarta karena telah memfasilitasi penelitian mangrove mereka.


Aneka produk olahan dari mangrove.

KeMANGTEER Jakarta juga mengenalkan aneka produk olahan dari mangrove, berupa jajanan yang diolah dari tepung buah mangrove dan bagian mangrove lainnya. Semua produk tersebut merupakan produk olahan bukan kayu sehingga ramah lingkungan.

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan foto bersama. (ADM/KJKT).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar