23.9.23

Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, KeMANGTEER Jakarta Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 100 Bibit Mangrove kepada Trakindo Utama


Keseruan menanam mangrove bersama Trakindo untuk menghapus jejak emisi karbon di bumi.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan bibit mangrove, kali ini kepada PT Trakindo Utama (Trakindo) yang menanam 100 bibit mangrove dengan tema kegiatan Sinergi Bersama Memajukan Negeri di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. (12/10/2019).

Kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan dari perwakilan Trakindo dan KeMANGTEER Jakarta. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling hutan mangrove sambil menyimak edukasi mangrove yang disampaikan oleh KeMANGTEER Jakarta. Sebanyak 25 peserta mendapatkan edukasi cara menanam dan memantau mangrove yang baik dan benar.


Edukasi mangrove oleh KeMANGTEER Jakarta.

Program penanaman dan pemantauan bibit mangrove ini, selain untuk mencegah abrasi dan erosi pantai serta intrusi air laut ke daratan, juga diharapkan akan dapat menghapus jejak emisi karbon di bumi, mengingat kemampuan mangrove dalam menyimpan karbon adalah lima kali lebih besar daripada tumbuhan darat lainnya.

Peserta melakukan penanaman mangrove dengan sangat antusias karena sebagian besar dari mereka baru pertama kali merasakan sensasi menanam mangrove pada substrat lumpur.

Di akhir kegiatan, peserta mencicipi olahan mangrove, seperti stik Beluntas, dodol Pidada dan sirup Sonneratia yang disuguhkan oleh KeMANGTEER Jakarta dengan tujuan untuk menyosialisasikan mengenai manfaat mangrove dari sisi ekonomi.


Foto bersama sebelum menanam mangrove.

Tidak lupa, KeMANGTEER Jakarta mengucapkan terima kasih kepada Trakindo yang ikut peduli dalam penghapusan jejak emisi kabon  di bumi untuk memitigasi dampak buruk dari pemanasan global yang saat ini sedang terjadi.

Keseluruhan kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB ini berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan foto bersama. (ADM/KJKT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar