23.9.23

Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, KeMANGTEER Jakarta Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan Mangrove kepada Green Rangers 4.0 Universitas Indonesia


Menanam mangrove di PIK, Jakarta Utara.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan bibit mangrove, kali ini kepada Green Rangers 4.0 yang menanam mangrove dengan tema Sepenuh Hati Membela Lingkungan di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. (13/10/2019).

Sebagai informasi, Green Rangers merupakan sebuah program pembentukan kader yang bergerak dalam isu lingkungan yang diinisiasi oleh Departemen Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI).

PIK memiliki beberapa lokasi lahan penanaman mangrove yang masing-masing tempat mempunyai teknik penanaman mangrove yang berbeda, diantaranya menggunakan ajir, guludan dan bronjong.

Pada kesempatan ini, bersama dengan Green Rangers 4.0 BEM UI, lokasi lahan penanaman yang dipilih berada di Pos 3.


Edukasi mangrove oleh KeMANGTEER Jakarta.

Bersama dengan 50 orang peserta, kegiatan dimulai dengan edukasi mengenai fungsi dan manfaat ekologis dan ekonomis mangrove, berikut cara penanaman dan pemantauan mangrove yang baik dan benar.

KeMANGTEER Jakarta menjelaskan bahwa pengikatan bibit mangrove ke ajir dari bambu dengan tali rafia berfungsi untuk menopang bibit agar tidak roboh pada saat terkena gelombang pasang. 

Program penanaman dan pemantauan bibit mangrove ini, selain untuk mencegah abrasi dan erosi pantai serta intrusi air laut ke daratan, juga diharapkan akan dapat menghapus jejak emisi karbon di bumi, mengingat kemampuan mangrove dalam menyimpan karbon adalah lima kali lebih besar daripada tumbuhan darat lainnya.


Penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan.

Acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove bersama yang berlangsung sangat seru. Bibit mangrove ditanam dengan cara menanamnya ke substrat hingga sepertiga bagian tinggi bibit.

Beberapa peserta penanaman mengatakan bahwa ini merupakan kali pertamanya menanam mangrove sehingga mereka mengikutinya dengan sangat antusias karena ingin ikut berpartisipasi dalam program penghapusan jejak emisi karbon di bumi.

Keseluruhan kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB ini berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan penyerahan sertifikat, kenang-kenangan dan foto bersama. (KJKT/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar