5.3.16

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KeMANGTEER dan NATUR Tanam Mangrove Bareng Luna Maya

Luna Maya bersama Afril, Ketuteer Jakarta.

Jakarta - KeMANGTEER. Hai, Teer! Salamteer! KeMANGTEER Jakarta sukses menyelenggarkan program "Save Mangrove, Save Earth" yang didukung oleh NATUR. Kali ini, mereka nanem mangrove bareng artis cantik Luna Maya, lho! Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia (World Wetlands Day) yang jatuh pada tanggal 2 Februari, setiap tahunnya.

Pada tanggal 31 Januari 2016, Teer Jakarta menutup bulan Januari dengan manis, berupa aksi mangroving yang bermanfaat. Mereka menanam mangrove dengan tujuan untuk menyelamatkan bumi kita. Kenapa Teer Jakarta getol sekali menyelamatkan mangrove? Karena banyak sekali fungsi dan manfaat dari mangrove, Teer. Salah satunya adalah sebagai penahan gelombang besar, semisal tsunami.

Selain itu, akar, kayu dan buahnya-pun memiliki manfaat yang sangat besar, diantaranya bisa dijadikan obat-obatan penyembuh luka bakar, tambatan kapal dan bahan bangunan, juga dikonsumsi karena tepung buah mangrove memiliki karbohidrat yang tinggi.

Serunya menanam mangrove bersama Natur dan Luna Maya.

Oh, ya. Keberadaan hutan mangrove juga merupakan habitat alami bagi para biota mangrove, lho. Nah, dari hal yang kecil ini, diharapkan dapat menginspirasi Indonesia bahkan dunia agar dapat merubah ekosistem mangrove kita menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Acara hari itu dibuka oleh Teer Herdi yang kemudian dilanjutkan dengan tanam mangrove jenis Rhizophora secara bersama, istirahat dan foto bersama.

KeMANGTEER Jakarta memanfaatkan moment ini, sekaligus sebagai ajang program pemeliharaan mangrove yang memang sudah sering mereka lakukan di kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo PIK, yang merupakan kawasan mangrove tersisa, juga terakhir, yang terletak di pesisir Utara Jakarta, ini.

"Senang sekali bisa nanem mangrove bersama Luna Maya, sebagai Ambassador-nya NATUR yang baru. Nggak nyangka, artis sekelas Luna Maya mau nyebur maen lumpur bareng kami, nanem mangrove, nyelametin bumi," ujar salah satu Teer, bangga.

Program ini merupakan hasil kerjasama antara KeMANGTEER Indonesia dengan NATUR, dimana NATUR akan menyumbangkan sebagian keuntungan dari hasil penjualannya untuk didonasikan kepada KeMANGTEER di berbagai regional di Indonesia, untuk turut serta menyelamatkan ekosistem mangrove di pesisir Indonesia yang sudah 70% mengalami kerusakan dan degradasi lahan. (ADM).