Peringati HUT RI Ke-70, KeMANGTEER Medan Gelar Upacara di Lumpur Mangrove

Teer Medan sedang upacara di lumpur mangrove.

Medan – KeMANGTEER, Halo, Teer. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70, KeMANGTEER Indonesia mengadakan program Upacara Di lumpur Mangrove yang serentak dilaksanakan di delapan kota di Indonesia yaitu: Langsa, Medan, Serang, Tangerang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Malang. Kece, kan!

Nah, di Medan sendiri, upacara ini dilaksanakan di Pantai Muara Indah, Desa Denai Kuala, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Senin, 17 Agustus 2015, mulai pukul 06:00 WIB, para Teer Medan dan seluruh teman-teman peserta upacara, berkumpul di pendopo USU, untuk menuju lokasi upacara. Sesampainya di lokasi, semua peserta berkumpul di lokasi upacara, yaitu lumpur mangrove ekowisata Pantai Muara Indah.

Upacara kali ini dihadiri oleh Sekjen KeMANGTEER Indonesia, Teer Donie Latuparisa yang sekaligus menjadi pembina upacara.

Upacara melibatkan Perangkat Desa Denai Kuala, perwakilan Rumah Baca Bakau, perwakilan Belukap Mangrove Club Universitas Riau yang kebetulan sedang berada di Medan, dan pengelola ekowisata Pantai Muara Indah. Turut hadir juga rekan-rekan media yang meliput kegiatan ini. Upacara ini dipimpin langsung oleh Ketua Regional KeMANGTEER Medan (Teer Maulana S. Gultom).

Dalam amanatnya, Sekjen KeMANGTEER Indonesia menyampaikan keinginannya untuk memerdekakan mangrove dan pesisir di Indonesia.

"Di momentum peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ini, saya ingin mengajak semua pihak untuk memerdekakan pesisir dari aktivitas alih fungsi, ekspansi, dan reklamasi," pesannya.

Selesai melaksanakan upacara, tidak lupa peserta diajak untuk menanam mangrove, sebagai bentuk nyata kepedulian KeMANGTEER Medan terhadap keseimbangan eksosistem bahari, khususnya mangrove.

Saat penanaman, peserta terlihat antusias karena ini merupakan pengalaman pertama mereka dalam melakukan penanaman mangrove.

Di sela-sela acara, Ketua Regional KeMANGTEER Medan mengatakan, “Upacara di Lumpur Mangrove ini kita gagas, untuk menumbuhkan kembali kesadaran akan pentingnya lingkungan dan menjadi bukti kecintaan para generasi muda kepada Republik Indonesia.”

Sebagai informasi, di Pantai Muara Indah, saat ini sedang digalakkan program penanaman mangrove, karena masyarakat sekitar sudah mulai sadar akan manfaat mangrove yang telah mereka rasakan. Tetap Semangteer dan Salam MANGROVER! (ADM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanyekan Mangrove, KeMANGTEER Jakarta Live di Halo Indonesia, DAAI TV