25.9.22

KeMANGTEER Jakarta Lakukan Pendampingan Penanaman Mangrove kepada Sahabat Inspirasi


Tanam mangrove bersama.

Jakarta - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jakarta, kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman mangrove. Kali ini, kepada Sahabat Inspirasi yang mengadakan Charity Project: Mangrove Untuk Pejuang Cilik. Melalui penanaman sebanyak 50 bibit mangrove jenis Rhizophora ini, maka diharapkan akan terkumpul donasi yang akan disalurkan untuk para pejuang cilik, yang sedang berjuang melawan sakitnya. (7/4/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 08.00 - 12 00 WIB di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta ini, dimulai  dengan penjelasan edukasi mangrove oleh KeMANGTEER Jakarta.


Edukasi mangrove.

KeMANGTEER Jakarta menjelaskan mengenai jenis-jenis flora dan fauna yang terdapat di hutan mangrove. Tak hanya itu, mereka juga menjelaskan fungsi dan manfaat mangrove secara ekologi, ekonomi dan sumber daya dan jasa.

"Selain berfungsi sebagai pencegah abrasi, erosi dan intrusi air laut, hutan mangrove juga dapat mereduksi gelombang tsunami," jelas Teer Halim, yang bertugas memberikan edukasi mangrove. "Mangrove juga dapat mengurangi dampak pemanasan global karena dapat menyimpan karbon di tubuhnya sehingga perubahan iklim dapat dicegah agar tidak semakin meluas," lanjutnya.


Penyerahan kenang-kenangan.

Informasi mengenai aneka produk olahan dari mangrove juga disampaikan, dengan tujuan agar pemahaman peserta mengenai ekosistem mangrove semakin lengkap.

Pada saat penanaman mangrove, para peserta nampak antusias. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa ini adalah penanaman mangrove pertamanya.

Bibit mangrove yang ditanam adalah dari jenis Rhizophora, dengan jarak tanam 1 x 1 m. Bibit mangrove ditanam sepertiga bagian tinggi bibit, yang diikatkan ke ajir bambu dengan tali rafia. Polibek yang terdapat pada bibit dilepas, kemudian peserta dengan semangat menanamnya bersama-sama, sambil berswafoto.


Foto bersama.

Keseruan aksi penanaman mangrove di hari itu, diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Sahabat Panti kepada KeMANGTEER Jakarta.

Harapannya, bibit mangrove yang telah ditanam akan dapat tumbuh dengan baik, sehingga akan dapat memainkan peranannya secara optimal dalam melindungi kawasan pesisir di Jakarta, demi terjadinya keseimbangan alam di masa depan. (ADM/KJKT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar