15.4.19

Ikut Mangrove REpLaNT, KeMANGTEER Jogja Tanam Mangrove di Semarang

Serunya menanam mangrove di kawasan pesisir Semarang.

Semarang - KeMANGTEER. KeMANGTEER Jogja yang diwakili oleh Teer Hendri berkesempatan mengikuti Mangrove REpLaNT (MR) 2018 yang diselenggarakan oleh salah satu afiliasi mangrove KeMANGTEER Jogja, yaitu KeSEMaT (9-11/11/18).

MR mengangkat tema "Coastal Crisis: Mangrove vs. Marine Debris" yang dipusatkan di Badan Diklat Provinsi (BDP), Jawa Tengah (Jateng) yang berlokasi di Srondol, Semarang.

Pelatihan pemanfaatan sampah plastik.

Kegiatan ini menggabungkan antara field trip, pelatihan, kampanye, seminar nasional, FGD, penyuluhan, talk show, pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove dalam satu paket acara yang dipadatkan dalam tiga hari pelaksanaan.

"Acaranya sangat padat, namun asyik untuk diikuti," kata Teer Hendri. "Bagian yang menarik, selain semnas dan penanaman mangrove, ada juga pelatihan Batik Mangrove yang melatih peserta cara membatik menggunakan pewarna dari mangrove. Ada juga field trip wisata sejarah ke Lawang Sewu," tambahnya.

Asyiknya membatik mangrove.

MR tahun ini mengajak para peserta untuk mengubah limbah plastik menjadi barang yang berharga. Selain itu, terdapat inspirasi dari para wirausahawan muda yang mengubah limbah menjadi bisnis berbasis lingkungan yang menguntungkan.

Semnas MR menghadirkan para pembicara nasional yang membicarakan sampah laut dan pengaruhnya bagi perkembangan ekosistem mangrove.

Field trip ke Lawang Sewu.

Pada saat penanaman mangrove, peserta diajak untuk menanam kurang lebih 1000 bibit mangrove bersama dengan Karang Taruna dan warga sekitar. Acara ditutup dengan pembagian sertifikat dan foto bersama.

Banyak ilmu yang didapatkan selama KeMANGTEER Jogja mengikuti kegiatan ini. Harapannya, semoga saja hal ini akan dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatan KeMANGTEER Jogja ke depan. (HEN/ADM/KJGJ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar